China Kirim Jet Tempur Su-35 Dekat Taiwan

China Kirim Jet Tempur Su-35 Dekat Taiwan

Militer.or.id – China Kirim Jet Tempur Su-35 Dekat Taiwan.

ilustrasi: SU-35. (photo: Alex Beltyukov via commons.wikimedia.org)

Taipei, Militer.or.id – China mengirim jet tempur dan pesawat militer lainnya dekat Taiwan Jumat, 11/5/2018 dalam serangkaian latihan terbaru yang Beijing katakan ditujukan pada “pasukan kemerdekaan” pulau itu.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan beberapa pembom H-6K, pesawat pengintai dan pesawat angkut terbang melintasi Selat Bashi, selatan Taiwan, dan di atas Selat Miyako, dekat Okinawa, selama latihan Jumat pagi, dirilis situs Japantimes.co.jp.

Ini adalah pertama kalinya para jet tempur Tiongkok Su-35 dikirim ke Selat Bashi, kata kementerian itu, sementara jet tempur J-11 dan pesawat peringatan dini juga ikut ambil bagian.

Kementerian itu meyakinkan publik dalam sebuah pernyataan bahwa mereka dapat memantau sepenuhnya latihan angkatan laut dan udara China dan “mengambil langkah-langkah responsif yang efektif untuk menjamin keamanan pertahanan.”

China melihat pemerintahan Taiwan secara demokratis – yang tidak pernah secara resmi menyatakan kemerdekaan dari daratan – sebagai bagian dari wilayahnya yang membelot untuk dibawa kembali ke dalam keruntuhan, dan tidak mengesampingkan reunifikasi dengan kekuatan.

Kementerian pertahanan China menegaskan dalam sebuah pernyataan Jumat bahwa itu adalah pertama kalinya Su-35 terbang di atas Bashi Channel, menyebutnya sebagai “terobosan baru, menyoroti peningkatan baru pada kemampuan tempur Angkatan Udara.”

Beijing telah meningkatkan patroli militer di sekitar Taiwan dan menggunakan tekanan diplomatik untuk mengisolasi secara internasional sejak Presiden Tsai Ing-wen, dari Partai Progresif Demokratis yang pro-kemerdekaan, menjabat pada tahun 2016.

Bulan lalu, angkatan udara China mengatakan rangkaian operasi itu dimaksudkan untuk “memperkuat kapasitasnya untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial.” Juru bicara kementerian pertahanan Wu Qian mengatakan pada konferensi pers bulanan bahwa mereka “diarahkan melawan pasukan dan kegiatan kemerdekaan Taiwan di pulau.”

Taiwan telah menuduh Beijing melakukan “saber-rattling” dan mencoba untuk mencekik ketegangan regional dengan derasnya latihan baru-baru ini.

Taipei telah mengumumkan bahwa mereka akan berlatih menggagalkan “invasi” China dalam latihan pemadaman api tahunan pada bulan Juni dengan mensimulasikan serangan kejutan pantai. (Japantimes.co.jp).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *