Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Ini yang Dilakukan Israel ke Pantsir-S1 Suriah

Militer.or.id – Ini yang Dilakukan Israel ke Pantsir-S1 Suriah.

Serangan Israel ke Pantsir S1 Suriah. (photo: IDF)

Militer.or.id – Selama dua jam sebelum fajar, jet tempur F-15 dan F-16 Israel menghindari “puluhan rudal” dan menjatuhkan “banyak lusin” bom di lebih dari 50 sasaran Iran di Suriah, saat angkatan udara Israel melakukan kampanye ekstensif, yang dijuluki “Operasi House of Cards,” untuk melemahkan kehadiran militer Iran di negara itu, dirilis situs Timesofisrael.com, 10/5/2018.

Misi -kampanye udara terbesar yang dilakukan oleh Israel di Suriah dalam lebih dari 40 tahun- “sangat sukses,” ujar seorang perwira angkatan udara senior Israel, Kamis, 10/5/2018 dan mengingatkan bahwa Israel percaya bahwa pasukan Iran di Suriah masih memiliki rudal permukaan-ke permukaan yang bisa ditembak lagi ke Israel.

Mengingat ancaman itu, militer Israel tetap waspada pada Kamis malam.

Tepat setelah tengah malam pada hari Rabu, sekitar 20 roket ditembakkan ke pangkalan militer Israel utara oleh Pasukan Korps Pengawal Revolusi Iran dari Suriah selatan, kata Israel.

Menurut militer, empat dari roket ditembak jatuh oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome, sisanya gagal membersihkan perbatasan.

Serangan ini mendorong serangan pembalasan Israel yang ekstensif, yang menargetkan pusat-pusat intelijen IRGC, depot senjata, fasilitas penyimpanan, pos pengamatan, dan pusat logistik di Suriah, serta peluncur roket yang melakukan serangan awal, kata tentara.

Satu peluncur dipukul karena bersiap untuk meluncurkan roket ke Israel, kata sumber-sumber militer. Peluncur lain dipukul saat sedang menembak.

IDF juga menargetkan beberapa sistem pertahanan udara Suriah. Pada Kamis malam, militer merilis rekaman salah satu serangan, melawan peluncur Pantsir-S1, yang difilmkan dari rudal Israel sendiri ketika menghantam baterai anti-pesawat.

“Kami menggunakan banyak lusinan bom. Kondisi cuaca terbatas, langit penuh, yang menuntut koordinasi dan sinkronisasi, di saat puluhan rudal ditembakkan ke pesawat kami – ini adalah misi yang rumit, ”kata perwira angkatan udara, berbicara dengan syarat anonimitas,

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan bahwa mereka tidak menderita korban, baik di darat atau di udara, dan bahwa tidak ada roket yang ditembakkan dari Suriah yang berdampak di wilayah Israel.

Perwira senior itu mengatakan bahwa “lusinan” rudal anti-aicraft Suriah ditembakkan ke jet tempur Israel, tetapi tidak ada kerusakan yang terjadi.

“Semua pesawat kami kembali ke rumah dengan selamat,” kata tentara sebelumnya pada hari Kamis.

Hal yang sama tidak dapat dikatakan pada bulan Februari, selama bentrokan lain antara pasukan Israel, Suriah, dan Iran, di mana satu jet tempur F-16 ditembak jatuh dan jatuh di sebuah ladang di Israel utara, setelah pilot dan navigator terlontar.

Siap untuk apa saja

“Saya tidak tahu situasi apa yang akan terjadi, tetapi kami siap dan siap untuk skenario apa pun di arena utara,” kata perwira itu.

“Jaringan pertahanan udara kami tersebar di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir, termasuk di Dataran Tinggi Golan,” katanya.

Secara kolektif, upaya militer dalam seminggu terakhir untuk mempersiapkan dan mencegah serangan Iran adalah nama “Operasi Catur,” kata tentara pada hari Kamis.

Petugas itu juga muncul untuk mengkonfirmasi laporan asing bahwa Israel telah melakukan serangan udara di Suriah pada hari Selasa.

“Kami investigasi untuk menemukan peluncur rudal sebelum peluncuran. Kemarin, kami tidak berhasil, ”katanya mengacu pada 20 rudal yang ditembakkan ke Israel. “Ini seperti mencari jarum di tumpukan jerami.”

“Tapi dua hari lalu itu sukses,” katanya.

Pada Selasa malam, media pemerintah Suriah melaporkan bahwa Israel melakukan serangan udara – yang tampaknya menargetkan peluncur rudal – di el-Kiswah, selatan Damaskus, daerah yang sebelumnya diidentifikasi sebagai lokasi pangkalan militer Iran yang dicurigai. Penyerangan itu dilaporkan menewaskan sembilan pejuang pro-Iran.

Pejabat angkatan udara mengatakan bahwa bentrokan dengan Iran bisa menyebar di luar Suriah, ke Lebanon di mana kelompok teror Hezbollah yang didukung Iran “bisa beroperasi melawan kita.”

Berkoordinasi dengan AS dan Rusia

Perwira angkatan udara mengatakan kepada wartawan bahwa serangan udara Kamis dikoordinasikan dengan Rusia dan Amerika Serikat.

“Kami mengatakan kepada Rusia bahwa kami akan menyerang di Suriah, tetapi kami tidak memberitahu mereka di mana tepatnya kami menyerang atau apa targetnya,” kata perwira itu.

Karena sejumlah besar pasukan Rusia tiba di Suriah pada tahun 2015, Yerusalem dan Moskow telah mempertahankan apa yang disebut “mekanisme” untuk memastikan bahwa kedua negara itu saling menjauh dari satu sama lain di negara yang dilanda perang.

“Mekanisme bekerja secara maksimal dan kami menjaga kebebasan operasi kami,” kata perwira angkatan udara.

Selain serangan pada target Iran, tentara menargetkan empat jenis sistem pertahanan udara buatan Rusia: Long Rang SA-5, juga dikenal sebagai S-200, yang merupakan pendahulu dari S-300 yang lebih canggih. dan S-400; ketinggian tinggi SA-2, atau S-75; SA-22 jarak pendek hingga menengah, juga dikenal sebagai Pantsir-S1; dan sistem pertahanan udara jarak menengah SA-17, juga dikenal sebagai Buk.

Selain serangan pada target Iran, tentara menargetkan empat jenis sistem pertahanan udara buatan Rusia: SA-5 jangka panjang, juga dikenal sebagai S-200, yang merupakan pendahulu dari S-300 yang lebih canggih, dan S-400; high altitude SA-2, atau S-75; SA-22 jarak pendek hingga menengah, juga dikenal sebagai Pantsir-S1; dan sistem pertahanan udara jarak menengah SA-17, juga dikenal sebagai Buk.

Menurut perwira angkatan udara senior, tentara menargetkan “setiap baterai yang ditembakkan” ke pesawat jet Israel.

Pihak tentara menekankan bahwa IDF memperingatkan Suriah untuk tidak melakukan intervensi selama serangan udara terhadap target Iran.

Angkatan udara Israel berencana mereview penyerangan pada hari Kamis, kata pejabat itu.

“Kami terus mereview operasi, bahkan ketika Anda memiliki operasi yang sukses, masih banyak yang harus ditinjau,” katanya. “Meskipun sukses hari ini, kami menghadapi musuh kami dengan sangat serius.”

Mengapa Israel bisa serang SA-22 Suriah ?.

Sebuah SA-22 fungsional tidak akan pernah membiarkan rudal mencapainya, ujar seorang mantan wakil kepala Angkatan Udara Rusia kepada RT.com, dirilis 11/5/2018. Sistem pertahanan udara buatan Rusia yang difilmkan ditabrak oleh rudal Israel di Suriah telah dimatikan atau kehabisan amunisi.

Setelah serangan udara besar-besaran pada apa yang disebut target Iran di Suriah pada hari Kamis, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah merilis rekaman yang diambil di atas rudal jelajah Spike NLOS, yang terlihat mengenai apa yang tampaknya menjadi sistem pertahanan udara Pantsir-S1 (NATO melaporkan nama SA -22 Greyhound).

Hanya ada dua penjelasan yang mungkin untuk penyerangan yang sukses melawan Pantsir-S1: “Salah satunya adalah sistem itu telah kehabisan cadangan amunisinya. Yang lain adalah bahwa sisten itu dimatikan; tidak siap bertempur,” ujar Aytech Bizhev, mantan Wakil Komandan Angkatan Udara Rusia.

“Tidak ada pilihan ketiga karena tidak akan membiarkan dirinya dihancurkan … Ketika sistem itu siap tempur, dia melakukan pengawasan konstan terhadap pesawat musuh dan memiliki waktu reaksi yang sangat cepat. Itu akan menembak jatuh rudal jelajah dengan baik dengan meriam atau misilnya sendiri, “jelasnya.

Rekaman Israel menunjukkan tidak asa senjata Pantsir Suriah yang mengarah pada rudal yang masuk. Tiga sosok manusia yang berdiri di luar kendaraan dalam video itu, kemungkinan kru, juga menunjukkan bahwa itu tidak operasional pada saat serangan itu.

Menurut Bizhev, Angkatan Udara Israel menggunakan keuntungan geografisnya untuk menangkap militer Suriah yang lengah pada hari Kamis.

Pantsir S1. (photo: Vitaly V. Kuzmin via commons.wikimedia.org)

“Tidak peduli seberapa terlatih personel Anda dan seberapa bagus perangkat keras Anda, Anda tahu bahwa waktu terbang antara Israel dan Suriah adalah nol [karena negara-negara memiliki perbatasan bersama]. Selanjutnya, jet tempur F15 dan F16 Israel mmelakukan airstrikes tanpa memasuki area pertahanan udara [Suriah].”.

“Mereka mendekat di dataran rendah kemudian memantul dari belakang Dataran Tinggi Golan, melakukan serangan dan pergi,” tambahnya.

Menurut ahli, Pantsir-S1 “membutuhkan waktu antara tiga hingga lima menit untuk beroperasi.” Menjaga sistem siaga penuh setiap saat adalah tidak mungkin, terutama karena itu akan benar-benar melelahkan bagi kru.

Seorang pengamat militer untuk situs Gazeta.ru, pensiunan Kolonel Mikhail Khodorenok, juga menunjukkan bahwa sistem buatan Rusia sama sekali tidak disamarkan atau ditempatkan dalam posisi yang disiapkan khusus pada saat serangan udara. “Ini menunjukkan bahwa Pantsir- S1 belum siap untuk pertunangan.”

Khodorenok mengatakan bahwa insiden di Suriah tidak memberikan alasan “untuk mempertanyakan kemampuan tempur yang tinggi” dari sistem Pantsir-S1. (Timesofisrael.com dan RT.com).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *