Kuasai Teknologi, HAL Dorong India Miliki 312 Unit Su-30MKI

Kuasai Teknologi, HAL Dorong India Miliki 312 Unit Su-30MKI

Militer.or.id – Kuasai Teknologi, HAL Dorong India Miliki 312 Unit Su-30MKI.

Sukhoi Su-30MKI. (photo: Alan Wilson via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Di saat, pesawat tempur Sukhoi-30MKI yang menjadi tulang punggung Armada Angkatan Udara India mendekati akhir dari proses produksi (sisa 23 unit sedang diproduksi), pabrikannya, Hindustan Aeronautics Ltd (HAL), menawarkan untuk membangun lagi 40 pesawat tempur sejenis. Jika kementerian pertahanan India menerima proposal HAL, inventaris Jet Tempur Rusia itu akan ditingkatkan dari rencana 272 unit menjadi 312 pesawat tempur, dirilis Business-standard.com, 15-5-2018.

HAL menawarkan harga pesawat tempur Su-30 tambahan hanya dengan Rs 4,25 miliar, harga pesawat ini akan hampir sepertiga biaya Rafale. Menurut analisis Standar Bisnis, Angkatan Udara India (IAF) membayar Rs 11,25 miliar per Rafale, tidak termasuk harga senjata dan logistik.

Ketua HAL T Suvarna Raju berkata: “Kami akan menawarkan harga yang sangat kompetitif. Sejak 2010, kami telah mengirim Su-30 dengan Rs 4,25 miliar. Kami dapat mengirimkan tiga skadron lainnya dengan harga yang sama. ”Jadi, IAF akan membayar Rs 170 miliar untuk 40 Jet Tempur Su-30 tambahan.

Namun, pembuatan itu akan melibatkan ready-to-assemble kits dari Rusia dan merakitnya di Nashik, India. “HAL sudah menyerap teknologi untuk membangun dan mendukung Su-30. Sekarang, tujuannya adalah untuk membangun ketiga skadron baru secepat dan semurah mungkin, ”kata Raju.

Mampu Membawa Rudal jelajah BrahMos

Rasionalisasi proposal untuk 40 tambahan Su-30, Raju mengatakan mereka diperlukan untuk membawa Rudal jelajah udara BrahMos (ALCM).

“Kami diminta untuk memodifikasi 40 unit Su-30 tua untuk mampu membawa BrahMos ALCM. Alih-alih meningkatkan kemampuan Jet Tempur yang lebih tua, dengan masa hidup yang lebih singkat, akan lebih baik untuk membangun 3 skadron lagi dari Sukhoi dengan kemampuan untuk membawa rudal BrahMos, ”kata Raju.

Versi BrahMos yang diluncurkan lewat udara telah dirampingkan menjadi 8 meter dan 2.560 kg. Meski begitu, memasangnya di Su-30 membutuhkan penguatan perut bawah pesawat dan memasang a heavy-duty mounting station. Setelah bertahun-tahun pengembangan, BrahMos berhasil diuji coba dari Su-30 pada bulan November.

Sumber kementerian India menunjukkan proposal untuk membangun lebih banyak Su-30 akan dianggap positif, mengingat kekurangan skadron tempur IAF. HAL saat ini sedang membangun 23 jet Su-30 terakhir dari 272 yang dimandatkan untuk dibangun. 50 unit Su-30 pertama IAF dibangun di Rusia.

Bahkan ketika HAL Nashik membangun Su-30 terakhir dalam pesanan, HAL dan Sukhoi telah menegosiasikan peningkatan armada Sukhoi. Para pejabat HAL mengatakan mereka ingin menjadi agen utama, tetapi Sukhoi telah mengindikasikan menginginkan 50 persen saham dalam kontrak yang menguntungkan ini untuk meningkatkan avionik pesawat tempur, termasuk radar, display kaca kokpit, sistem peperangan elektronik, sistem peringatan dan jammers.

“IAF telah membekukan persyaratan peningkatannya. Kami sekarang menunggu proposal komersial dari Rusia, ”kata Raju. HAL memperkirakan upgrade avionik untuk Su-30 akan menelan biaya lebih dari Rs 1 miliar per pesawat, menempatkan biaya upgrade 312 pesawat tempur di Rs 312 miliar.

Para pejabat mengatakan, peningkatan itu akan memiliki 2 bagian berbeda yaitu :

  1. Pada Tahap I, Sukhoi akan mengambil alih beberapa IAF Su-30 dan menggunakannya sebagai prototipe untuk menginstal dan mengesahkan avionik generasi baru dan peningkatan persenjataan. HAL akan memasang peningkatan itu di seluruh Armada.
  2. Tahap II, yang akan melibatkan peningkatan khusus India, akan dirancang dan dikembangkan oleh HAL dan juga dimasukkan ke dalam pesawat tempur oleh HAL.
administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *