Efek Korut Batalkan High-level Inter-Korean Meeting

Efek Korut Batalkan High-level Inter-Korean Meeting

Militer.or.id – Efek Korut Batalkan High-level Inter-Korean Meeting.

Jet tempur siluman F-22 Raptor © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Pyongyang menggunakan isu penyebaran jet tempur siluman dan pesawat pembom berat untuk membatalkan pembicaraan tingkat tinggi dengan Seoul, dan mengatakan bahwa mereka mungkin mundur dari KTT dengan Trump karena marah atas pernyataan Washington, seperti dilansir dari laman Asia Times.

Korea Utara pada hari Rabu merasa ragu mengenai apakah negara itu akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin yang pertama dengan Amerika Serikat pada 12 Juni mendatang, merujuk akan adanta latihan perang udara “Max Thunder” antara Korea Selatan dan AS.

Ini juga merujuk pada isu yang kuat dengan tuntutan Washington untuk denuklirisasi seperti pada model Libya, semua itu menunjukkan bahwa tuntutan ini mungkin juga menyebabkan Korea Utara untuk membatalkan KTT.

Marah Atas Latihan Udara “Max Thunder”

Selain itu, Pyongyang membatalkan KTT antar-Korea yang akan berlangsung pada hari Rabu, untuk memulai proses implementasi “Deklarasi Panmunjom” yang ditandatangani oleh Presiden Korsel Moon Jae-in dan pemimpin Korut Kim Jong-un bulan lalu.

Pembicaraan wakil menteri antar-Korea yang dijadwalkan di Panmunjom, akan menjadi yang pertama diadakan sejak pertemuan puncak antar-Korea pada tanggal 27 April.

Sebuah pernyataan oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) bahwa latihan Max Thunder adalah “sebuah tawaran untuk melakukan serangan udara pre-emptive di DPRK dan memenangkan pertempuran udara”. DPRK adalah nama resmi untuk Korea Utara.

Max Thunder, yang diadakan setiap tahunnya adalah latihan perang udara terbesar di Semenanjung Korea yang melibatkan aset Korea Selatan dan AS. Latihan perang dua minggu tahun ini dimulai pada Jumat lalu. Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) menyebut latihan itu “tantangan yang tidak diungkap” atas Deklarasi Panmunjom dan sebagai “provokasi yang kasar dan jahat”.

Pernyataan itu mengeluarkan isu atas pembom strategis B-52 dan pejuang F-22 Raptor yang dilaporkan turut ambil bagian dalam latihan tahun ini. Yang pertama merupakan pembom terbesar dalam gudang senjata AS dan yang terakhir adalah pesawat tempur siluman tercanggih yang dikerahkan oleh AS.

“Kami tidak bisa selain mengambil langkah menangguhkan KTT Utara-Selatan yang dijadwalkan pada 16 Mei”, tulis KCNA. “AS juga seharusnya berpikir dua kali tentang nasib KTT AS-DPRK sekarang ada dalam agenda sebelum sebuah keributan militer yang provokatif terhadap DPRK dengan pihak berwenang Korea Selatan”.

Langkah Pyongyang Tampaknya Mengejutkan Seoul

“Sangat disayangkan atas tindakan sepihak Korea Utara untuk menunda pembicaraan tingkat tinggi antar-Korea, mengutip latihan udara tahunan Korea Selatan-AS, yang tak sesuai dengan semangat dan tujuan dari kesepakatan yang telah dicapai diantara para pemimpin kedua negara”, menurut Kementerian Unifikasi yang disiarkan oleh Yonhap.

“Pemerintah Korea Selatan mendesak Korea Utara untuk keluar dan berunding sesegera mungkin demi perdamaian dan kemakmuran di wilayah Semenanjung Korea”, lanjutnya.

Utusan pemerintah Korea Selatan yang mengunjungi Kim Jong-un di Pyongyang awal tahun ini mengatakan mereka telah diyakinkan bahwa Korea Utara tidak akan mengeluh tentang rangkaian latihan militer tahunan sekutu. Dan memang, Pyongyang tidak ada menyebut masalah dalam pernyataan publiknya mengenai latihan “Foal Eagle” dan “Key Resolve” yang terjadi setelah Olimpiade Musim Dingin lalu.

Biasanya, media pemerintah Korea Utara mencederai latihan musim semi, meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Keheningan yang ada sebelumnya mungkin membuat perubahan tiba-tiba pada hari Rabu yang mengejutkan. Menteri Pertahanan Korea Utara Song Young-moo dilaporkan membatalkan janji sebelumnya untuk bertemu dengan komandan Pasukan AS Korea, Jenderal Vincent Brooks.

Pembatalan pembicaraan antar-Korea dan juga ancaman terhadap KTT AS adalah kode signifikan pertama dalam getaran baik yang melanda seluruh semenanjung sejak Kim memulai “serangan pesona” diplomatik dalam pidato damai yang secara mengejutkan pada tanggal 1 Januari. Pyongyang sejak itu menghentikan semua uji coba nuklir dan rudal, mengumumkan akan menutup situs uji nuklirnya dan membebaskan 3 tahanan AS.

Salah satu pakar menyerukan untuk tenang, menggambarkan pengumuman hari Rabu sebagai strategi taktis dari Korea Utara yang pada kenyataannya, tak membahayakan KTT yang sangat diantisipasi dengan Presiden AS Donald Trump.

“Kita seharusnya tidak mulai panik”, kata Chris Green dari International Crisis Group. “Ini adalah Korea Utara mengambil kesempatan untuk bisa menciptakan pengaruh bagi dirinya sendiri dan memastikan bahwa dia mempertahankan posisi yang kuat dalam negosiasi dimasa depan”.

Beberapa jam kemudian, KCNA merilis pernyataan yang menyarankan kemungkinan membatalkan pertemuan puncak.

Dalam pernyataan itu, KCNA mengecam seruan AS untuk model denuklirisasi unilateral. Model itu telah berulang kali diperjuangkan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton bahwa Korea Utara telah membuat referensi historis berulang-ulang untuk itu, mencatat akhir berdarah rezim Gadaffi.

Menyebut pernyataan Bolton “tak terkendali” dan “sembarangan dibuat”, sebut KCNA, mengutip Kim Kye-gwan, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara.

“Pernyataan Bolton adalah sebuah manifestasi dari gerakan yang sangat jahat untuk memaksakan pada negara kita yang bermartabat, takdir Irak atau Libya yang telah runtuh untuk menyerahkan seluruh negara mereka kepada kekuatan besar”, sebut Kim Kye-gwan.

Pernyataan itu mencatat bahwa Pyongyang telah menyatakan niat untuk denuklirisasi semenanjung Korea dan menegaskan pada beberapa kesempatan bahwa prasyarat untuk denuklirisasi adalah mengakhiri kebijakan permusuhan anti-DPRK dan ancaman nuklir serta pemerasan oleh Amerika Serikat.

Kim juga tampaknya memiliki gagasan cerdas tentang investasi besar Trump terhadap modal politik puncak. “Jika Presiden Trump mengikuti jejak pendahulunya, dia akan lebih tercatat sebagai presiden yang lebih tragis dan tidak berhasil daripada pendahulunya, jauh dari ambisi awal untuk membuat sukses yang belum pernah terjadi sebelumnya”. kata pernyataan itu.

Namun, pernyataan itu diakhiri dengan sedikit catatan damai, “Jika pemerintahan Trump mengambil pendekatan KTT DPRK-AS dengan tulus demi meningkatkan hubungan, itu akan menerima tanggapan yang layak dari kami”.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *