Prototype Pertama EBRC Jaguar Diluncurkan

Prototype Pertama EBRC Jaguar Diluncurkan

Militer.or.id – Prototype Pertama EBRC Jaguar Diluncurkan.

Prototype of the Jaguar EBRC 6×6 armored vehicle. (photo: @ThalesDefence)

Militer.or.id – Pada tanggal 16 Mei 2018, perusahaan Prancis Nexter Systems secara resmi meluncurkan prototipe pertama dari kendaraan lapis baja EBRC Jaguar dengan susunan roda 6×6, yang dibuat sebagai model “unggulan” dari perspektif Angkatan Darat Prancis kendaraan lapis baja beroda dalam program SCORPION. Prototipe EBRC Jaguar ini akan didemonstrasikan secara publik pada bulan Juni di Eurosatory 2018 di Paris, dirilis bmpd.livejournal.com.

Jaguar ini dimaksudkan untuk menggantikan AMX-10RC dan ERC-90S tentara Perancis, serta VCAC Mehhisto self-propelled ATGMs (pada chassis kendaraan lapis baja VAB)). Pengembangan Jaguar, serta mesin utama lainnya dari program SCORPION (Synergie du kontak renforcée par la polyvalence et l’infovalorisation), pembawa personel lapis baja VBMR Griffon dengan formula roda 6×6), yang dirancang untuk menggantikan VAB VAB) – Dilakukan oleh konsorsium Nexter, Thales dan Renault Trucks Defence (RTD). Pengiriman mobil EBRC Jaguar dan VBMR Griffon dijadwalkan akan dimulai pada 2020, meskipun tidak jelas apakah periode ini akan dipertahankan.

Prototype of the Jaguar EBRC 6×6 armored vehicle. (photo: @ThalesDefence)

Sebelumnya, tentara Prancis berencana untuk membeli 248 mobil Jaguar EBRC dan 1668 kendaraan Griffon VBMR, tetapi dalam program senjata yang disetujui baru-baru ini untuk 2019-2025 disetujui peningkatan rencana pengadaan hingga 300 mobil Jaguar EBRC dan 1.892 mobil Griffon VBMR pada tahun 2030. Termasuk 110 mobil EBRC Jaguar seharusnya dikirim pada 2025. Pada April 2017, konsorsium yang dipimpin oleh Nexter dianugerahi kontrak untuk pengiriman 20 mobil Jaguar EBRC pertama dan 319 kendaraan Griffon VBMR.

Pada Juni 2017, pemerintah Belgia juga memutuskan untuk membeli untuk 67 mobil tentara Belgia EBRC Jaguar dan 417 mobil VBMR Griffon pada periode 2025-2030.

EBRC Jaguar dengan konfigurasi 6×6 roda akan memiliki masa tempur penuh hingga 25 ton dan dilengkapi dengan T40 turret ganda dengan CT40 meriam otomatis yang menembakkan amunisi teleskopik. Juga di turret ada dua peluncur pengisian ganda untuk MBDA MMP baru. Para kru adalah tiga orang. Perlindungan balistik mesin dinyatakan pada tingkat STANAG 4569 Level 4 dan perlindungan anti ranjau yang diperkuat.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *