Dari LCS, Radius Bomber China Jangkau Indonesia Hingga Australia Utara

Dari LCS, Radius Bomber China Jangkau Indonesia Hingga Australia Utara

Militer.or.id – Dari LCS, Radius Bomber China Jangkau Indonesia Hingga Australia Utara.

ilustrasi: Bomber Xian H-6 China. (photo: Li Pang via commons.wikimedia.org)

Militer.or.id – Cina pertama kalinya melakukan pendaratan Pembom jarak jauh H-6K di wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan (LCS), kata angkatan udara, yang memicu peringatan baru Amerika Serikat (AS) bahwa hal itu merusak kestabilan kawasan tersebut, dirilis BBC.com, 19-5-2018.

Pembom jarak jauh H-6K adalah di antara mereka yang mengambil bagian dalam latihan di pulau-pulau dan terumbu karang untuk meningkatkan kemampuan China untuk “mencapai semua wilayah”.

Laut, jalur perdagangan utama, merupakan subyek klaim yang tumpang tindih oleh 6 negara. Cina telah dituduh melakukan militerisasi laut untuk mendukung klaim besarnya.

Langkah terbaru bisa memancing ketegangan baru di wilayah tersebut. Kementerian pertahanan Beijing tidak menyebutkan secara spesifik tempat pengebom mendarat tetapi mengatakan pelatihan itu melibatkan simulasi serangan terhadap target laut.

Seorang pilot H-6K, Ge Daqing, dikutip dalam sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa pelatihan “mempertajam keberanian kami dan meningkatkan kemampuan kami dalam perang nyata”.

Para ahli dari Asia Maritime Transparency Initiative (AMTI) mengatakan sebuah video dari surat kabar People’s Daily milik Partai Komunis China menunjukkan pendaratan H-6K dan lepas landas dari pangkalan di Woody Island, pulau terbesar di Paracel. Woody Island, yang China sebut Yongxing, juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan.

Meskipun Cina telah mengerahkan jet tempur ke Pulau Woody di masa lalu, ini adalah pertama kalinya pengebom mendarat di sebuah pulau Laut Cina Selatan, kata AMTI. Ia menambahkan bahwa H-6K bisa menjangkau seluruh Asia Tenggara dari pulau itu.

Para pengamat mengatakan pembom akan segera mendarat di Kepulauan Spratly lebih jauh ke selatan, di mana landasan pacu dan gantungan telah dibangun di atas terumbu karang. Dari sana, H-6K bisa mencapai Australia bagian utara atau pangkalan AS di Guam, kata AMTI.

AS telah mengarungi kapal perang yang dekat dengan pulau buatan yang dibangun oleh Beijing di Laut Cina Selatan untuk menantang apa yang dilihatnya sebagai upaya Cina untuk membatasi kebebasan navigasi di wilayah strategis yang penting.

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa AS “tetap berkomitmen untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”.

“Kami telah melihat laporan-laporan yang sama dan militerisasi China yang terus-menerus dari fitur-fitur yang disengketakan di Laut Cina Selatan hanya berfungsi untuk meningkatkan ketegangan dan mengguncang kawasan itu,” kata Letkol Christopher Logan.

Dalam catatan Sputniknews.com bomber H-6K yang memiliki kemampuan serangan nuklir melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2007 dan memasuki layanan dengan Tentara Pembebasan Rakyat China sekitar dua tahun kemudian. Setidaknya dua resimen Angkatan Udara Cina diyakini mengoperasikan H-6K saat ini.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *