Jenderal TNI Penuhi Undangan Kunjungi LHD HMAS Adelaide

19 Desember 2016

HMAS Adelaide  Landing Helicopter  Docks (LHD) Angkatan Laut Australia (photos : Aus DoD, Ikahan)

Asintel Panglima TNI Menjadi Seorang Jenderal TNI Pertama untuk Mengunjungi Kapal Perang HMAS Adelaide

Pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2017, Asintel Panglima TNI – Mayjen (TN) Benny Indra Pujihastono – disambut di kapal perang HMAS Adelaide sebagai perwira tinggi Indonesia pertama untuk naik tangga kapalnya. 

Asintel Panglima TNI diundang di atas kapal oleh kapten kapal – Kolonel (RAN) Paul Mandziy – dengan delegasinya yang terdiri atas; Direktur DIO Marsdya John McGarry, Kepala Staf Kemhan Australia Jakarta Laksma (RAN) Robert Plath, Atdar KBRI ke Canberra Kolonel Hari Mulyanto; serta stafnya Kolonel Fitz Pasaribu, Letkol Bonar Panjaitan dan Mayor Henru Hidayat Susanto. 


Delegasinya mengunjungi semua empat geladak utama, termasuk; kendaraan berat, akomodasi, hanggar dan Light Vehicle Deck untuk kendaraan kelas ringan dan Kargo, dan geladak terbang; serta jembatan, dan menara pengawas.

HMAS Adelaide adalah kapal terbesar yang pernah dibangun bagi Angkatan Laut Australia (RAN). Kapal Amphibious Assault juga dikenal sebagai Landing Helicopter  Docks (LHD) dibangun oleh kontraktor BAE Systems Australia dan Navantia (Spanyol).


Seiring dengan kapal adiknya Kapal LHD – HMAS Canberra, mereka menyediakan Angkatan Bersenjata Australia (ADF) dengan salah satu sistem penyebaran amfibi gabungan yang paling mampu dan canggih di dunia. Kapal perang tersebut dapat memulai, mengangkut dan mengerahkan pasukan militer bersama dengan alutsistanya dan aset penerbangan yang dukungnya.  Tujuan dibangun perahu akan memungkinkan mengangkut pasukan dan peralatannya ke pantai, termasuk di mana tidak ada fasilitas tidak ada fasilitas pelabuhan yang tetap.

Kemampuan ini sangat berguna untuk operasi militer selain perang (OMSP), khususnya operasi penanggulangan bencana alam yang sering melanda kawasan Asteng dan Pasifik Selatan tersebut. 

Kami sangat berharap kemampuan LHD tersebut dapat bekerja sama dengan negara-negara sahabat dalam waktu yang dekat.

(Ikahan)

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Mandalika

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  Israeli F-16A/B Retired, the Chances for Vietnam