Sebentar Lagi Su-30MKI India Semakin Mantap

Militer.or.id – Sebentar Lagi Su-30MKI India Semakin Mantap.

Su-30MKI India. (photo: Venkat Mangudi via commons.wikimedia.org)

New Delhi, Militer.or.id – India telah memutuskan untuk merancang dan mengembangkan sistem pencarian dan track imaging inframerah dual-band berjangkauan jauh (IRST) yang akan memperkuat kemampuan Su-30MKI dalam mendeteksi pesawat ultra-stealth seperti F-22 dan Chengdu J-20. Baru tahun lalu, Cina mengoperasionalkan jet tempur J-20 yang terdiri dari bahan penyerap radar yang seharusnya membuatnya sulit untuk dideteksi pada jarak jauh, dirilis Sputniknews.com, 29/5/2018.

“Defense Acquisition Council (DAC) memberikan persetujuan untuk melakukan desain dan pengembangan Long Range Dual Band Infrared Imaging Search dan Track System (IRST) untuk pesawat SU-30 MKI di bawah sub kategori ‘Make II’ dan kemudian, untuk pengadaan dari sedikitnya 100 IRST di bawah kategori ‘Beli (India-IDDM). Sistem ini akan dapat beroperasi dalam kondisi siang dan malam dan secara substansial akan meningkatkan kemampuan pesawat,’ ‘pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian pertahanan India.

Kementerian pertahanan India menginginkan setidaknya 40% konten yang diproduksi di dalam negeri dalam sistem yang akan diproduksi di setiap fasilitas India. Sistem ini akan diintegrasikan ke dalam garis depan pesawat India tanpa membuat perubahan struktural.

HARUS BACA :  Vietnam Officially Operates Self-Produced Radar

Tahun lalu, Angkatan Udara India (IAF) saat menetapkan persyaratan teknisnya, telah mengajukan 30 pertanyaan kepada calon vendor.

“Apakah peralatan akan menjadi konfigurasi single dome? Apakah peralatan memiliki kemampuan menyimpan? Dapatkah peralatan itu dicocokkan dengan perangkat lunak komputer misi pesawat? Apa persyaratan ICD dari peralatan untuk memastikan eksploitasi penuh kemampuan peralatan?” tanya IAF.

Sistem IRST adalah bagian penting dari pesawat generasi kelima yang modern karena memainkan peran penting dalam mendeteksi rudal yang menyembunyikan panas serta menemukan dan menghancurkan target musuh di lingkungan yang ditolak radar.

HARUS BACA :  Kunjungan Komandan KRI Bima Suci di Sri Lanka
HARUS BACA :  Korvet Rusia Akan Dilengkapi Pantsyr-M

Secara keseluruhan, Defense Acquisition Council (DAC), yang diketuai oleh Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman, pada hari Senin memberikan persetujuan untuk pengadaan peralatan untuk pasukan pertahanan senilai lebih dari satu miliar dolar. DAC juga menyetujui pengadaan pemotretan pemandangan termal (TI) malam untuk peluncur roket yang digunakan oleh Angkatan Darat India dan IAF dari vendor lokal. Penjejak TI untuk peluncur roket 84mm akan digunakan oleh pasukan dalam operasi untuk memfasilitasi keterlibatan yang akurat dan berkelanjutan dari target musuh yang bergerak maupun statis dan penghancuran benteng lapangan (bunker) selama jam kegelapan total.

HARUS BACA :  Dua Penerbang Tempur TNI AU Jajal Dassault Rafale

“Pemandangan akan memungkinkan pasukan kami untuk mendeteksi dan mengenali tank musuh dan pergerakan tentara pada malam hari dan melibatkan mereka dengan efisiensi yang lebih besar. Selanjutnya, efek kamuflase dan penyembunyian akan berkurang drastis karena peluncur roket akan dapat memastikan lokasi musuh yang berlindung di balik dedaunan dan konstruksi berdinding tipis dengan lebih mudah, “bunyi pernyataan menteri pertahanan.

HARUS BACA :  Vietnam Officially Operates Self-Produced Radar

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Pengiriman Pasukan ke Myanmar Butuh Resolusi PBB

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here