Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

603 Personel Latihan Multilateral Rimpac 2018 ke Hawaii

Militer.or.id – 603 Personel Latihan Multilateral Rimpac 2018 ke Hawaii.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, didampingi Panglima Koarmada II Laksda TNI Didik Setiyono, melepas keberangkatan Satgas Latma Multilateral Rimpac 2018.

Surabaya, Militer.or.id – Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Panglima Koarmada II Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., melepas keberangkatan Satgas Latma Multilateral Rimpac 2018 yang dipimpin oleh Danguskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi selaku Dansatgas, pada Rabu, 30Mei 2018 dari Dermaga Madura Koarmada II Surabaya.

Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of the Pacific (RIMPAC) 2018 merupakan agenda latihan peperangan maritim multilateral terbesar di dunia, yang diselenggarakan dua tahunan oleh Third Fleet Command – United States Pasific Fleet, US Navy yang melibatkan negara-negara di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Australia, Eropa, dan Asia.

Latihan yang berlangsung di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat ini bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antar Angkatan Laut di kawasan Pasifik, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan eksistensi TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan operasi dan latihan bersama berskala Internasional.

Pada pelaksanaan Latma Multilateral Rimpac 2018 akan diikuti oleh 42 kapal permukaan dan 5 kapal selam dari 23 Negara peserta, TNI AL mengirimkan delegasinya antara lain KRI Raden Eddy Martadinata (REM) – 331 salah satu unsur dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II yang nantinya akan bergabung dalam Surface Working Group dengan agenda latihan tahap laut berupa latihan formasi manuver kapal, latihan pembekalan di laut, serta latihan menembak permukaan.

KRI Makassar (MKS) – 590 salah satu unsur dari Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II akan bergabung dengan Amphibious And Landing Operations Working Group sebagai sarana pengangkut dalam latihan operasi pendaratan Marinir.

Selain kedua unsur KRI tersebut, TNI Angkatan Laut juga mengirimkan tim Penyelam TNI Angkatan Laut yang nanti akan tergabung dalam Navy Expeditionary Combat Forces (NECF) dan 2 Tim Satkopaska yang nantinya bergabung dalam Special Operation Forces (SOF) Working Group.

Dimana dalam grup ini akan melaksanakan latihan berupa Mission Planning, Full Mission Profile, Photo Operations, Sub Operations Familiarizations, Hello Cast, Leadership Synch, Dive, Airborne Ops, serta 215 orang Prajurit Marinir dengan membawa 8 unit Landing Vehicle Tracked – 7 dan 1 unit Howitzer – 105, dengan jumlah total 603 orang prajurit dan tim pendukung yang terlibat dalam Latma Multilateral Rimpac 2018.

Dalam amanatnya, Kasal menyampaikan bahwa Latma Multilateral Rimpac 2018 menunjukan komitmen negara-negara di dunia untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas di bidang keamanan maritim dalam rangka bekerja sama menjaga jalur laut, melindungi kepentingan negara di luar negeri, dan menjamin kebebasan bernavigasi di kawasan Pasifik.

Oleh sebab itu sangat tepat bila tema latihan yang diambil adalah “TNI Angkatan Laut melaksanakan Latma Multilateral Rimpac 2018 dalam rangka meningkatkan profesionalisme, kemampuan tempur dan kerja sama militer dengan negara-negara sahabat”, ujar Kasal.

Mengakhiri sambutannya, Kasal menginstruksikan kepada seluruh personel Satgas Latma Multilateral Rimpac 2018 agar memberikan karya terbaik dengan melaksanakan latihan dengan sebaik-baiknya, agar dapat meningkatkan profesionalitas sejajar dengan AL negara-negara besar di dunia. “Sebagaimana tertuang dalam visi TNI AL menuju World Class Navy sekaligus mendukung kebijakan Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”, jelas Kasal.

Satgas Latma Multirateral Rimpac 2018 berangkat dari Koarmada II Surabaya untuk melaksanakan lintas laut selama 79 hari, singgah di beberapa tempat antara lain Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut X Jayapura, Kwajelein Kepulauan Marshal dan akhirnya merapat di Pearl Harbour Hawaii Amerika Serikat.

Hadir pada acara tersebut adalah :

  1. Wakasal Laksdya TNI A. Taufiq R., Aspam Kasal Laksda TNI S. Irawan, S.E., Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P.
  2. Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito ,S.E., M.M., Dankodiklatal Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P.
  3. Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr. (Han)., Waasops Kasal Laksma TNI Yusup, S.E., M.M.
  4. Wadan Seskoal Laksma TNI T.S.N.B. Hutabarat, M.Ms., Danlantamal V Laksma TNI Edwin, S.H.
  5. Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Maman Firmansyah, Kadispotmar TNI AL Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrino, S.H.
  6. Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, Karumkital Dr. Ramelan Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra D.I., Sp. B., Sp.BTKF(K).
  7. Kadispsial Laksma TNI Drs. Tribudi Marwanto, M.M., Danguspurla Koarmada II Kolonel Laut (P) Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M. Sc.
  8. Danguskamla Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, Para Pejabat Utama Koarmada II, Para Komandan Satuan, Para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan, serta Para Undangan Lainnya.

(Dispen Armada II)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *