Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Laju Perkembangan Radar AESA Pesawat KFX

Militer.or.id – Laju Perkembangan Radar AESA Pesawat KFX.

Model pesawat KFX. (photo: Korea Aerospace Industries /KAI)

Militer.or.id – Defense Acquisition Program Administration (DAPA) Korea Selatan  telah mengisyaratkan perkembangan dalam programnya untuk mengembangkan sistem radar active electronically scanned array (AESA) bekerja sama dengan industri lokal, dirilis Janes.com, 1/6/2018.

DAPA mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 31 Mei 2018 bahwa program radarnya – dimaksudkan untuk mendukung pesawat Korean Fighter Experimental (KFX) – telah menyelesaikan fase desain awal dua tahun dan sekarang akan pindah ke tahap desain kritis sebelum tinjauan desain pada Mei 2019 .

Setelah tinjauan desain, DAPA berharap untuk menghasilkan prototipe percontohan pada tahun 2020, yang akan diinstal pada prototipe awal KFX dari 2022. Setelah beberapa tahun uji coba, DAPA bertujuan untuk memulai produksi awal dari kedua pesawat dan radar AESA dari pertengahan 2020-an.

Berdasarkan kontrak senilai KRW360 miliar (USD 334 juta) yang diberikan pada pertengahan 2016, program pengembangan AESA dipimpin oleh Hanwha Systems, yang bekerja sama dengan Agency for Defense Development (ADD), anak perusahaan DAPA. Korea Aerospace Industries (KAI), sebagai pengembang utama KFX, juga terlibat dalam program ini.

KAI sebelumnya telah menggariskan target untuk memproduksi sekitar 250 pesawat tempur KFX bermesin ganda untuk menggantikan pesawat F-4E Phantom dan F-5E Tiger II milik Republik Korea (RoKAF) dan, akhirnya, platform F-16 Fighting Falcon Korea Selatan. KAI juga mengharapkan untuk mengekspor beberapa ratus pesawat KFX.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *