Taiwan Mulai Perakitan Jet Pelatih Canggih Baru

Taiwan Mulai Perakitan Jet Pelatih Canggih Baru

Militer.or.id – Taiwan Mulai Perakitan Jet Pelatih Canggih Baru.

Jet pelatih canggih terbaru buatan Taiwan © Youtube

Militer.or.id – Pada tanggal 1 Juni 2018, perakitan Jet Pelatih Canggih atau AJT (Advanced Jet Trainer) baru Taiwan secara resmi dimulai, dengan upacara peluncuran di Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) di Taichung, Taipei seperti dilansir dari laman situs Focus Taiwan.

AIDC, yang dikenal karena mengembangkan pejuang asli Ching-kuo di negara itu, telah ditugaskan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan untuk merancang dan memproduksi 66 jet pelatih canggih, dengan prototipe pertama dijadwalkan akan diluncurkan tahun 2019 dan pengujian penerbangan diperkirakan akan dilakukan mulai Juni 2020.

Jet pelatih tingkat lanjut tersebut dijadwalkan akan dikirimkan tahun 2026 dan akan menggantikan pesawat pelatih militer AT-3 dan jet tempur F-5, yang berusia diatas 30 tahun.

Berbicara dalam upacara tersebut, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan bahwa jet pelatih terbaru ini mampu mencerminkan tujuan Taiwan untuk mengembangkan sistem pertahanan pribumi sendiri dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan tempur dan pertahanan angkatan bersenjata serta keamanan nasional.

Industri dirgantara adalah bagian dari “Program Inovasi Industri 5 plus 2” pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing Taiwan, kata Tsai.

Industri “5 tambah 2” mengacu pada tujuh proyek pembangunan yang diusulkan oleh pemerintah untuk mengubah struktur ekonomi dan industri Taiwan. Termasuk proyek yang berkaitan dengan bioteknologi, energi hijau, penerbangan, mesin pintar dan juga industri pertahanan.

Proyek ini saja telah menciptakan lebih 1.000 pekerjaan baru di industri penerbangan, lanjutnya, dan menambahkan bahwa peluang pekerjaan lain pasti akan muncul ketika Taiwan terus mengembangkan industri pertahanannya.

Taiwan harus bergerak menuju jalur kemandirian untuk mengembangkan kemampuan pertahanan nasionalnya, bahkan jika itu adalah satu langkah pada satu waktu, kata Tsai.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *