Alih Komando dan Pengendalian 8 Pangkalan TNI AU

Militer.or.id – Alih Komando dan Pengendalian 8 Pangkalan TNI AU.

ilustrasi: Sukhoi Su-30MK2 TNI AU. (photo: TNI AU)

Jakarta, Militer.or.id – Asisten Operasi Kasau Marsekal Muda TNI Johanes Berchmans SW., memimpin acara Serah Terima Komando dan Pengendalian (Kodal) 8 Pangkalan TNI AU jajaran Koopsau II kepada Koopsau lll pada Senin 11 Juni 2018 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

HARUS BACA :  Rusia Kirim 50 Jet Tempur MiG-29 ke Mesir

Koopsau lll yang bermarkas di Biak, Papua ini mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara di wilayah Timur Indonesia. Koopsau III merupakan organisasi baru yang melengkapi Kotama sebelumnya, yaitu Koopsau l dan ll.

Ke 8 Lanud di wilayah Timur yang beralih Kodal dari Koopsau ll ke Koopsau lll tersebut meliputi :

  1. Lanud Jayapura, Lanud Manuhua Biak.
  2. Lanud Merauke, Lanud Timika.
  3. Lanud Pattimura Ambon, Lanud Leo Wattimena Morotai.
  4. Lanud El Tari Kupang dan Lanud Dumatubun.
HARUS BACA :  Kerja Sama KRI RE Martadinata dan USNS Rappahannock
HARUS BACA :  2 Pesawat Tempur Hawk 100/200 Tiba di Lanud Soewondo

Dalam sambutannya, Asops Kasau menyampaikan bahwa alih Kodal ini merupakan tindak lanjut dari Keppres nomor 12 tahun 2018 tentang pembentukan empat satuan baru TNI, salah satunya adalah Koopsau lll.

Koopsau lll yang bermarkas di Biak Papua ini mempunyai tanggung jawab dalam menjaga dan menegakkan kedaulatan udara di wilayah Timur Indonesia. Koopsau III adalah organisasi baru yang melengkapi Kotama sebelumnya, yaitu Koopsau l dan ll.

“Sejak peresmiannya, Koopsau lll telah aktif melakukan Kodal terhadap Lanud yang berada di bawah jajarannya, sehingga fungsi Kodal terhadap 8 Lanud jajaran Koopsau lll dan juga pengoperasian kekuatan udara di wilayah tanggung jawab Koopsau lll sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pangkoopsau lll” ujar Asops Kasau.

HARUS BACA :  Singapura Luncurkan Kapal Perang Independence Class ke-5

Hadir dalam acara tersebut, Waasops Kasau, Kaskoopsau lll, para Paban dan Pabandya di jajaran Staf Operasi Mabesau. (tni-au.mil.id)

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  CARM Indonesia Singapore HLC Perkokoh Hubungan Kedua Angkatan Bersenjata

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Festival Prestasi Indonesia Pamerkan 72 Prestasi Anak Bangsa

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here