KRI RE Martadinata-331 dan KRI Makassar-590 Berlabuh di Jayapura

KRI RE Martadinata-331 dan KRI Makassar-590 Berlabuh di Jayapura

Militer.or.id – KRI RE Martadinata-331 dan KRI Makassar-590 Berlabuh di Jayapura.

dok. KRI RE Martadinata-331

Jayapura, Militer.or.id – Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. menyambut secara langsung kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia KRI RE Martadinata-331 dan KRI Makassar-590 yang mengangkut Pasukan Latihan Peperangan Maritim Multilateral (Latma Multilateral Rimpac) 2018 pada Jumat 8 Juni 2018 di dermaga umum pelabuhan kota Jayapura.

Danlantamal X mengatakan, 2 KRI yang singgah di Jayapura ini merupakan Kapal Perang TNI AL yang akan mengikuti latihan perang maritim terbesar di dunia Rim of Pacific (Latma Multilateral Rimpac) 2018 yang dilaksanakan setiap 2 tahunan.  Latihan ini akan dilaksanakan pada 25 Juni hingga 3 Agustus 2018 di Honolulu Hawai, Amerika Serikat dan diikuti oleh berbagai negara di dunia.

Operasi Satgas Rimpac tahun 2018 merupakan Latihan Peperangan Maritim Multilateral ini diselenggarakan oleh Armada 3 Kawasan Pasifik, Angkatan Laut Amerika Serikat (Third Fleet Command-United States Pasific Fleet, Us Navy, dengan mengundang negara-negara di Kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Australia, Eropa, dan Asia.

Pelayaran yang akan menempuh jarak 18.645 Mil laut ini singgah di Jayapura, untuk melakukan bekal ulang bahan bakar maupun logistik.

Lebih lanjut, latihan Rimpac 2018 ini, rencananya akan diikuti sebanyak 27 negara, seperti: Singapura, Korea Selatan, Jepang, Chile, Australia, Brazil, Amerika Serikat, Kanada, Norwegia, Peru, Brunei Darussalam, Colombia, New Zealand, Malaysia, Mexico, Belanda, Filipina, Thailand, Inggris, China, Tonga, India, dan Perancis, Jerman, Srilanka, Tonga, dan Vietnam.

Pelayaran yang akan menempuh jarak 18.645 Mil laut ini singgah di Jayapura Papua, untuk melakukan bekal ulang bahan bakar maupun logistik, sebelum melanjutkan pelayarannya ke Hawaii untuk mengikuti latihan, lanjut Komandan Lantamal X.

Pada kesempatan tersebut Komandan Lantamal X Jayapura juga memberikan arahan mengenai situasi dan kondisi di Jayapura meliputi politik, sosial dan budaya, serta keadaan yang menonjol di daerah setempat sebagai acuan dan panduan untuk para prajurit yang tergabung dalam Satgas Rimpac 2018 apabila akan melaksanakan pesiar selama berada di Jayapura. (tnial.mil.id).

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *