Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pentagon Setuju Jual 6 AH-64E Apache ke India

Militer.or.id – Pentagon Setuju Jual 6 AH-64E Apache ke India.

Helikopter AH-64E menembakkan APKWS, roket berpemandu laser © BAE Systems

Militer.or.id – Departemen Luar Negeri ASmelalui Badan Kerjasama Pertahanan Keamanan telah menyetujui kemungkinan penjualan komersial enam helikopter Boeing AH-64E Apache komplit ke India dengan perkiraan biaya sekitar $ 930 juta pada 12 Juni.

Dilansir dari laman situs resmi DSCA, dalam paket penjualan tersebut adalah termasuk:

  • 14 mesin GE Aviation T700-GE-701D
  • 4 radar kendali tembak Northrop Grumman APG-78
  • 180 rudal AGM-114 Hellfire
  • 200 rudal Raytheon Stinger

“Dukungan untuk AH-64E Apache akan memberi peningkatan kemampuan pertahanan India untuk melawan ancaman darat, lapis baja dan modernisasi angkatan bersenjatanya”, kata Departemen Luar Negeri AS.

Ditambahkan pula bahwa militer India tidak akan kesulitan menyerap helikopter dan peralatan pendukungnya ke dalam angkatan bersenjata.

Juga termasuk pelatihan dan rudal dummy, kanon 30 mm dan amunisi, pelatihan personil dan peralatan pelatihan, publikasi serta dokumentasi teknis, layanan pendukung rekayasa dan logistik, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Boeing membentuk usaha patungan dengan Tata India di tahun 2008, yang disebut Tata Boeing Aerospace. Perusahaan membuka fasilitas produksi fuselage di Hyderabad, India pada bulan Maret 2018 dan mengirimkan airframe pertama pada tanggal 8 Juni.

Pesanan enam helikopter adalah tambahan pesanan untuk 22 unit helikopter AH-64E Apache India yang dipesan pada September 2015. Pengiriman awal dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2019.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *