Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Panglima Koarmada III Melepas Satgas Rimpac 2018

Militer.or.id – Panglima Koarmada III Melepas Satgas Rimpac 2018.

dok. KRI Makassar. (Dispenal)

Jayapura, Militer.or.id – Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. didampingi Danlantamal X Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M. dan Forkompimda Propinsi Papua melepas keberangkatan KRI Makassar 590 dan KRI R.E. Martadinata 331 yang tergabung dalam tim Rimpac 2018, Senin 11 Juni 2018 di dermaga umum pelabuhan Jayapura, Papua.

Sebelum melepas Tim Rimpac 2018 Pangarmada III dan Forkompimda diajak Dansatgas Laksamana Pertama TNI Agus Hariyadi untuk mengunjungi dan meninjau KRI Makassar 590 dan selanjutnya Dansatgas memberikan penjelasan/paparan kepada Pangarmada III dan Forkompimda tentang kesiapan Tim Rimpac 2018, negara peserta latihan.

Selain itu dijelaskan juga tentang keikutsertaan Indonesia dalam Rimpac yang diawali pada tahun 1971 USPACOM merancang latihan untuk negara Pacific melibatkan Amerika, Canada dan Australia.

Keikutsertaan Indonesia dalam Rimpac adalah Sbb :

  1. Diawali pada tahun 2008 dimana TNI AL mengirimkan 1 Peleton marinir dan staf darat.
  2. Pada tahun 2012 TNI AL mengirimkan Observer.
  3. Tahun 2014 mengirimkan 30 Surface Ships dan 6 Submarines yang terdiri KRI BAC dan 100 marinir.
  4. Tahun 2016 mengirimkan 45 Surface Ships dan 6 Submarines yang terdiri KRI DPN dan 45 marinir.
  5. Sekarang tahun 2018 mengirim 43 Surface Ships dan 5 Submarines yang terdiri dari KRI REM, KRI MKS dan 215 marines, 8 LVT 7 , 2 HOW 105.

Kegiatan pelepasan diawali dengan laporan Dansatgas Laksamana Pertama TNI Agus Hariyadi kepada Pangarmada III Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. dilanjutkan ucapan selamat jalan dari Forkompimda. KRI Makassar 590 dilepas secara simbolis dengan melepas tali kapal secara bersama oleh Forkompimda.

Hadir dalam acara pelepasan tersebut Penjabat Gubernur Propinsi Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, Danlantamal X Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, Wakapolda Papua Irjen Pol Yakobus Marjuki, Danlanud Jayapura Kolonel Pnb M Yani Amarullah. (tnial.mil.id).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *