Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Militer Thailand dan Cina Bahas Pembangunan Fasilitas Industri Bersama

Militer.or.id – Militer Thailand dan Cina Bahas Pembangunan Fasilitas Industri Bersama.

ilustrasi: VT4 Norinco. (photo: screenshot Janes.com)

Militer.or.id – Thailand dan Cina mengembangkan rencana untuk mendirikan fasilitas industri pertahanan bersama di negara Asia Tenggara yang akan difokuskan untuk mendukung sistem alutsista darat China yang dioperasikan oleh Royal Thai Army (RTA), dirilis Janes.com, 13/6/2018.

Berita yang dikelola negara di Thailand melaporkan fasilitas industri akan dibentuk akhir tahun ini. Proyek ini, dilaporkan, adalah subyek dari diskusi bilateral pada 12 Juni antara militer China dan Pimpinan Royal Thai Army (RTA) Jenderal Chalermchai Sitthisart, yang melakukan kunjungan resmi ke Beijing.

Berita yang dikelola negara menambahkan bahwa Jenderal Sitthisart juga berdiskusi dengan rekan-rekan Cina tentang kemajuan dua program pengadaan utama RTA: pesanan tank tempur utama VT4 dan akuisisi terencana terhadap pengangkut personel lapis baja VN-1. Kedua platform diproduksi oleh China North Industries Corporation (NORINCO).

ilustrasi: Amunisi VT4 Norinco. (photo: screenshot Janes.com)

RTA sejauh ini telah memesan 38 VT4 atas dua pesanan pada tahun 2016 dan 2017, senilai THB7 miliar (USD218 juta). Batch awal 28 VT4 tiba di Thailand pada akhir 2017. Diyakini bahwa pesanan tambahan jenis – versi ekspor MBT-3000 – diharapkan memenuhi persyaratan RTA keseluruhan lebih dari 100 MBT.

Janes.com memahami bahwa pengajuan VN-1 yang diusulkan belum ditetapkan untuk kontrak, meskipun pemerintah Thailand telah mengalokasikan THB2.3 miliar (USD68 juta) untuk pengadaan awal 38 unit.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *