Komisi Uni Eropa Alokasikan $ 15 Miliar Untuk Litbang Senjata

Komisi Uni Eropa Alokasikan $ 15 Miliar Untuk Litbang Senjata

Militer.or.id – Komisi Uni Eropa Alokasikan $ 15 Miliar Untuk Litbang Senjata.

Jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe). © bomberpilot (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Uni Eropa harus mengalokasikan anggaran sebesar € 13 miliar atau sekitar $ 15,3 miliar untuk “penelitian dan pengembangan” senjata demi meningkatkan kemampuan pertahanan Blok Eropa, demikian usulan Komisi Eropa pada hari Rabu.

Seperti dilansir dari laman Daily Sabah, anggaran tersebut akan digunakan sebagai Dana Pertahanan Eropa, yang diluncurkan tahun 2017 saat Uni Eropa berusaha meningkatkan pertahanan dan keamanannya menghadapi ancaman yang terus meningkat, termasuk dari Rusia dan adanya keraguan tentang komitmen Amerika Serikat terhadap aliansi NATO di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump.

Anggaran itu dimaksudkan untuk mengurangi duplikasi dalam penelitian militer dengan memberikan insentif bagi negara-negara anggota untuk mengumpulkan sumber daya. Blok Eropa menginginkan hal ini mengarah pada pengembangan teknologi mutakhir yang bisa dioperasikan di antara militer Uni Eropa.

Bagaimanapun, Uni Eropa menekankan bahwa litbang itu tak akan menciptakan struktur paralel bagi NATO, bahkan sebaliknya, peningkatan kerjasama pertahanan dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi aliansi juga.

Anggaran Pertahanan Uni Eropa tahun 2021 – 2027 akan menjadi yang pertama kalinya bahwa blok tersebut memasukkan dana pertahanan dalam perencanaan keuangan jangka panjangnya.

Proposal yang diajukan oleh Komisi Uni Eropa sekarang akan perlu disetujui oleh negara-negara anggota Uni Eropa dan Parlemen Eropa – sebuah proses yang secara historis akan berlangsung sengit dan memakan waktu yang panjang.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *