Menteri Turki: Kami Tetap Beli Sistem Rudal S-400

Menteri Turki: Kami Tetap Beli Sistem Rudal S-400

Militer.or.id – Menteri Turki: Kami Tetap Beli Sistem Rudal S-400.

Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation – @mod_russia)

Ankara, Militer.or.id – Turki akan membeli sistem rudal S-400 Rusia dan masalah ini dinyatakan telah selesai, ujar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu kepada saluran NTV, Selasa, 19/6/2018, dirilis TASS.

“Kami membeli sistem S-400 dari Rusia, masalah ini ditutup,” kata Cavusoglu, menekankan bahwa Turki tidak berencana untuk melepaskan kesepakatan ini meskipun ada keputusan Senat AS.

Senat AS pada hari Senin mengadopsi Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional tahun fiskal 2019, yang mewajibkan Sekretaris Pertahanan untuk menyajikan laporan khusus mengenai pembelian potensial sistem pertahanan udara dan rudal S-400 dari Rusia oleh pemerintah Turki. Keputusan ini berujung dengan mempertanyakan pengiriman jet tempur F-35 generasi kelima ke Turki.

Catatan penjelasan untuk versi Senat dari National Defense Authorization Act mengatakan bahwa larangan menjual F-35 ke Ankara muncul karena pemenjaraan pendeta AS Andrew Brunson di Turki. Teks ini juga dapat mencakup panggilan pada administrasi AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap Turki jika pmereka membeli S-400 Rusia. Kata-kata terakhir akan disatukan setelah kedua pemangku kepentingan menyetujui versi mereka.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli mengecam permintaan AS untuk melepaskan kesepakatan membeli sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia sebagai ‘pemerasan’. Canikli juga mengatakan bahwa Turki “memenuhi semua komitmennya” dan mengharapkan “pengiriman tepat waktu” jet tempur F-35 “dari Amerika Serikat.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy pada 25 Mei mengatakan, negaranya dapat mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat jika Washington menolak memasok F-35 ke Ankara.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *