Menteri Turki: Kami Tetap Beli Sistem Rudal S-400

Militer.or.id – Menteri Turki: Kami Tetap Beli Sistem Rudal S-400.

Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia. (photo: Ministry of Defence of the Russian Federation – @mod_russia)

Ankara, Militer.or.id – Turki akan membeli sistem rudal S-400 Rusia dan masalah ini dinyatakan telah selesai, ujar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu kepada saluran NTV, Selasa, 19/6/2018, dirilis TASS.

“Kami membeli sistem S-400 dari Rusia, masalah ini ditutup,” kata Cavusoglu, menekankan bahwa Turki tidak berencana untuk melepaskan kesepakatan ini meskipun ada keputusan Senat AS.

HARUS BACA :  Malaysia Again Says It Will Boost Maritime Surveillance

Senat AS pada hari Senin mengadopsi Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional tahun fiskal 2019, yang mewajibkan Sekretaris Pertahanan untuk menyajikan laporan khusus mengenai pembelian potensial sistem pertahanan udara dan rudal S-400 dari Rusia oleh pemerintah Turki. Keputusan ini berujung dengan mempertanyakan pengiriman jet tempur F-35 generasi kelima ke Turki.

HARUS BACA :  China Mulai Membangun Kapal Induk Ketiga

Catatan penjelasan untuk versi Senat dari National Defense Authorization Act mengatakan bahwa larangan menjual F-35 ke Ankara muncul karena pemenjaraan pendeta AS Andrew Brunson di Turki. Teks ini juga dapat mencakup panggilan pada administrasi AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap Turki jika pmereka membeli S-400 Rusia. Kata-kata terakhir akan disatukan setelah kedua pemangku kepentingan menyetujui versi mereka.

HARUS BACA :  Jet Tempur Turki Serang Kelompok PKK di Irak Utara

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Turki Nurettin Canikli mengecam permintaan AS untuk melepaskan kesepakatan membeli sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia sebagai ‘pemerasan’. Canikli juga mengatakan bahwa Turki “memenuhi semua komitmennya” dan mengharapkan “pengiriman tepat waktu” jet tempur F-35 “dari Amerika Serikat.

HARUS BACA :  Jet Tempur Turki Serang Kelompok PKK di Irak Utara

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy pada 25 Mei mengatakan, negaranya dapat mengambil tindakan terhadap Amerika Serikat jika Washington menolak memasok F-35 ke Ankara.

HARUS BACA :  Rusia Tunda Pengembangan Peluru Pintar

Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Jika Korut Menembak AS, Bisa "Meningkat Jadi Perang"

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here