China Diduga Membidik Pesawat AS dengan Laser di Laut Timur

Militer.or.id – China Diduga Membidik Pesawat AS dengan Laser di Laut Timur.

Laser Pointer © Own work via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Laser telah digunakan untuk menargetkan operasi udara militer AS di Pasifik, dengan 20 insiden yang tercatat sejak September tahun lalu, menurut seorang pejabat militer AS.

Dilansir dari laman CNN.com, juru bicara militer AS yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa laser telah diarahkan menyoroti pesawat AS, dan bahwa sumber dari leser ini diduga adalah China.

Insiden terbaru terjadi dalam dua minggu terakhir, kata pejabat itu.

Tak satu pun dari insiden itu mengakibatkan keluhan medis atau cedera, kata juru bicara itu. Serangan tersebut tampak mirip dengan insiden yang terjadi di negara Afrika Timur, Djibouti awal tahun ini, ketika penerbang militer AS terluka oleh sinar laser yang katanya berasal dari pangkalan militer China disekitar wilayah itu.

HARUS BACA :  TNI AL Order Lagi 3 Kapal LST di Lampung

Saat jumpa pers reguler di hari Jumat, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan, “Menurut apa yang telah kami pelajari dari pihak berwenang yang relevan, tuduhan dalam laporan oleh media AS adalah benar-benar tidak berdasar dan murni dipersiapkan”.

HARUS BACA :  Kostrad Latihan Menembak dengan APC M113 A1

WILAYAH SENGKETA

Rangkaian terbaru serangan laser yang dicurigai semuanya terjadi di sekitar Laut China Timur, yang merupakan lokasi rantai kepulauan yang disengketakan, termasuk Senkaku, yang diklaim oleh Jepang dan China, dimana mereka dikenal sebagai Diaoyu oleh China.

HARUS BACA :  PH Army and Marines Get 3 new 155mm Towed Howitzers from Israel

Perairan diwilayah tersebut dekat dengan jalur lalu lintas laut yang padat dan digunakan secara teratur oleh kapal militer dan sipil Jepang dan China, serta “milisi maritim” semi otonom yang membela kepentingan teritorial China di wilayah tersebut.

Wall Street Journal melaporkan bahwa para pejabat militer AS tidak begitu yakin bahwa serangan itu diprakarsai oleh sumber militer resmi China, namun mereka juga tidak akan mengesampingkan siapa saja yang bertanggung jawab bertindak atas nama pemerintah China.

HARUS BACA :  Afrika Selatan Dorong Produksi Pesawat Intai Serang MWARI

Aviation Week & Space Technology mengutip juru bicara Marinir AS mengatakan bahwa serangan tersebut berasal dari “berbagai sumber yang berbeda”, baik di darat maupun dari kapal-kapal penangkap ikan.

Seperti halnya ambisi teritorial Beijing di Laut China Selatan, ketegangan di utara telah muncul beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir atas pulau yang disengketakan, termasuk saling berhadapan antara Angkatan Udara dan Angkatan Laut Jepang dan juga China yang dianggap berbahaya oleh kedua pihak.

HARUS BACA :  Afrika Selatan Dorong Produksi Pesawat Intai Serang MWARI

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Indonesia Tidak Akan Batalkan Akuisisi Su-35 – Militer.or.id

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here