Pushidrosal Akan Survei dan Petakan Danau Toba

Militer.or.id – Pushidrosal Akan Survei dan Petakan Danau Toba.

Tim Tanggap Segera Pushidrosal yang saat ini masih melaksanakan operasi SAR KM Sinar Bangun di danau Toba, selain melaksanakan tugas SAR, sekaligus telah mengumpulkan data-data Batimetri di danau tersebut sebagai data awal pemetaan di perairan danau Toba.

Danau Toba, Sumut, Militer.or.id – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) akan segera melakukan Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) Hidro-oseanografi pada Minggu 1 Juli 2018 di Danau Toba.

Opssurta ini akan dilakukan mengingat banyaknya kejadian kecelakaan kapal saat berlayar di danau tersebut, yang terakhir musibah tenggelamnya KM Sinar Bangun IV, yang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Kab. Samosir) dengan tujuan Tigaras (Kab. Simalungun), Senin 18 Juni 2018 lalu, yang banyak menimbulkan korban jiwa.

HARUS BACA :  Kasau Tinjau Perbaikan C-130 TNI AU di AIROD Malaysia

Operasi survei dan pemetaan ini bertujuan untuk menyediakan data dan informasi Hidro-Oseanografi perairan Danau Toba, yang dapat dipergunakan kapal – kapal penyeberangan utamanya kapal ASDP sebagai panduan dalam berlayar dari dan ke Pulau Samosir.

Selain itu, Operasi Survei dan Pemetaan Hidro-Oseanografi merupakan tugas TNI AL dalam hal ini Pushidrosal dalam mendukung visi pemerintah, mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, sekaligus menggalakkan distinasi daerah wisata di tanah air.

HARUS BACA :  Kasau Berikan Penghargaan kepada Sathar 14 Depohar 10 Koharmatau
HARUS BACA :  Penarikan AS dari INF, Lebih Riskan daripada Krisis Rudal Kuba – Militer.or.id

Hasil dari survei tersebut akan dibuat peta tematik pariwisata. Sesuai aturan International Hydrographic Organization (IHO), Danau toba merupakan Inland Waterways.

Hasil Opssurta di danau terbesar di Asia tersebut, selain dipergunakan untuk keselamatan dan keamanan pelayaran, juga dapat digunakan sebagai kajian dan pemetaan sumber daya alam yang ada, khususnya bagi Pemda setempat.

Selain Danau Toba, Pushidrosal juga akan melakukan survei dan pemetaan di seluruh danau maupun sungai di Indonesia.

HARUS BACA :  Indonesia Kecam Keras Serangan Israel ke RS Indonesia di Jalur Gaza – Militer.or.id

Sebelumnya, Pushidrosal telah melakukan Opssurta di sungai-sungai besar yang dipergunakan sebagai lalu lintas pelayaran, di antaranya Sungai Mahakam di Kalimantan dan Sungai Musi, Sumatera Selatan dan selesai tahun 2017 yang lalu.

Sebagai langkah awal, Tim Tanggap Segera Pushidrosal yang saat ini masih melaksanakan operasi SAR KM Sinar Bangun di danau Toba, selain melaksanakan tugas SAR, sekaligus telah mengumpulkan data-data Batimetri di danau tersebut sebagai data awal pemetaan di perairan danau Toba. (Disinfolahtapushidrosal).

Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Taruna AAL Tingkat II Latihan Sea Survival

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  FNSS-Pindad Jointly Developed Medium-Weight Tank Ready for Testing