Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Meriam 30 mm KRI Tombak-629 Hancurkan Sasaran

Militer.or.id – Meriam 30 mm KRI Tombak-629 Hancurkan Sasaran.

KRI Tombak-629

Surabaya, Militer.or.id – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tombak-629 jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II dengan komandan kapal Letkol Laut (P) Osben Naibaho, melaksanakan latihan uji coba penembakan Meriam 30 mm pada Kamis 12 Juli 2018 di sekitar buoy 1, perairan Laut Jawa.

Uji coba penembakan KRI Tombak-629, disaksikan langsung oleh Kolonel Laut (T) Ridwan dari Puslaik Kemhan yang menjabat sebagai Katim HAT / SAT Sewaco KCR 60 M, didampingi Kepala bengkel senjata (Kabengsen) Lantamal V Surabaya Letkol Laut (E) Novi Primawan sebagai Dansatgas Yekda Sewaco KCR 60 M.

Penembakan dilakukan dengan 6 kali step yaitu 3 kali penembakan dengan lokal sejumlah 66 butir dan penembakan dengan remote control 3 kali step sejumlah 134 butir.

Menurut Letkol Laut (E) Novi Primawan sebagai Dansatgas mengatakan bahwa, KRI Tombak yang merupakan kelas Kapal Cepat Rudal (KCR 60) mengadakan uji coba tracking dan penembakan meriam 30 mm dengan type gun NG-18. 6 Barrel. 30 mm Naval Gun, buatan China, peralatan yang dipasang Radar Air Tracking Sistem yang ada di PIT (CMS) Combat Management System yang berhubungan dengan meriam 30 mm dan Rudal C-705.

Selain itu, kegiatan latihan ini sebagai uji coba sewaco / sensor weapon control di PIT. Penembakan dilaksanakan dengan 6 kali step yaitu 3 kali penembakan dengan lokal yang berjumlah 66 butir, dan penembakan dengan remote control 3 kali step yang berjumlah 134 butir, adapun jarak tembak sejauh 3 km / 1.5 Nautical mile.

Latihan ini juga membawa 10 orang dari China sebagai teknisi dan operator penembakan bekerjasama dengan perwakilan PT. Indadi Setia Jakarta yaitu Bapak Prabowo Wahyu Adi. (tnial.mil.id).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *