Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

USS Gerald Ford Akan Dipersenjatai ESSM Blok 2

Militer.or.id – USS Gerald Ford Akan Dipersenjatai ESSM Blok 2.

Artist’s concept of CVN-78, a new class of aircraft carriers. A new nuclear propulsion plant will power the next class of aircraft carriers. © US Navy via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Angkatan Laut sekarang mengintegrasikan dan mempersiapkan sistem persenjataan untuk kapal induk canggihnya, USS Gerald R. Ford selama periode 12 bulan yang disebut Pasca-Shakedown Availability (PSA) yang merupakan salah satu dari beberapa langkah kunci akhir yang dirancang untuk mempersiapkan kapal untuk peperangan samudra ketika kapal tersebut dikerahkan pada tahun 2022, seperti dilansir dari lama Warrior Maven.

Sementara ketapel elektromagnetik, ruang dek yang lebih besar serta teknologi tenaga nuklir di USS Gerald R. Ford sangat ditekankan dalam diskusi publik tentang teknologi kapal yang lebih baru, pertahanan kapal berlapis menaruh perhatian pengembangan sepadan, mengingat lingkungan ancaman global.

Ini termasuk upaya membangun rudal pencegat terbaru dan senjata jarak dekat, seperti Evolved Sea Sparrow Block 2 (ESSM) dan Close-In Weapons System (CIWS) Phalanx.

Oleh karena itu, di samping barang-barang yang lebih ditekankan untuk PSA, seperti elevator senjata canggih dan upgrade “arresting gear” canggih, mempersiapkan sistem pertahanan kapal untuk penyebaran juga akan berfungsi sebagai suatu elemen tidak terpisahkan dari strategi Angkatan Laut AS untuk kelas Ford.

“PSA/SRA 12 bulan yang dijadwalkan itu akan memasang sistem tempur yang tersisa, menyelesaikan pekerjaan yang ditangguhkan dan memperbaiki ketidaksesuaian yang tersisa yang ditemukan selama uji coba laut dan guncangan”, kata William Couch, juru bicara Naval Sea Systems Command.

PSA dimaksudkan untuk membangun pembelajaran dan penyesuaian yang muncul dari pengujian sebelumnya.

“Awak kapal telah melakukan pengujian pasca-pengiriman serta uji coba operasional yang mengidentifikasi masalah konstruksi dan desain. Mereka telah sangat efektif dalam mengidentifikasi masalah awal, yang membantu kami mengatasi mereka sebelum kembali ke armada”, kata Laksamana Muda Brian Antonio, pejabat eksekutif program untuk kapal induk.

Selama pengujian dan fase pengembangan sebelum dimulainya PSA, USS Ford berhasil menyelesaikan pengujian kompatibilitas dan integrasi pesawat sayap-tetap dan sayap-putar, sertifikasi pusat kontrol lalu lintas udara dan sertifikasi sistem bahan bakar JP-5, tambah Couch.

Mendemonstrasikan sistem pertahanan kapal induk ini juga merupakan elemen penting dari persiapan untuk PSA. Sementara kapal induk sering pergi bersama Carrier Strike Groups, dilindungi oleh kapal penjelajah dan kapal perusak, platform semakin dilihat sebagai kapal yang membutuhkan senjata pertahanan organik mereka sendiri.

Hal tersebut terutama dalam kaitannya dengan ancaman yang sering didiskusikan dari rudal pembunuh kapal induk DF-21D China, sebuah rudal jarak jauh anti-kapal yang dilaporkan mampu mencapai jangkauan lebih dari 900 mil.

Ada banyak diskusi tentang bagaimana USS Gerald R. Ford yang secara besar-besaran meningkatkan teknologi listrik onboard, yang digerakkan oleh empat unit generator berdaya 26 MW, yang berpotensi untuk menggunakan senjata, seperti pertahanan laser dan juga railgun.

Namun dalam waktu dekat, USS Gerald R. Ford akan menggunakan PSA untuk lebih memantapkan integrasi dari beberapa senjata pertahanan kapal yang ditingkatkan.

“Selain membawa lebih dari 75 pesawat tempur, USS Gerald R. Ford memiliki beberapa kemampuan merusak yang serius. Insinyur dan perancang termasuk ESSM (Evolved Sea Sparrow Missile), RAM (Rolling Airframe Missile), dan CIWS Mk-15 Phalanx.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *