Mengapa Finlandia Pilih Rudal Gabriel?

Mengapa Finlandia Pilih Rudal Gabriel?

Militer.or.id – Mengapa Finlandia Pilih Rudal Gabriel?.

Rudal Gabriel IAI. (Commos.wikipedia.org)

Militer.or.id – Finlandia telah memilih Gabriel Advanced Naval Attack Missile buatan Israel Aerospace Industries untuk menggantikan MTO85M system turunan dari rudal RBS15 Mk3 yang saat ini dikerahkan di kapal rudal siluman Hamina class, dirilis Aviationweek.com, 17/7/2018. Rudal RBS15 Mk3 akan mengakhiri masa hidupnya tahun 2020. Rudal baru Gabriel akan mempersenjatai korvet Skadron 2020 Finlandia yang akan ditugaskan pada dekade berikutnya.

Israel Aerospace Industries yang memproduksi rudal Gabriel mengalahkan 4 pesaing lain yang telah dievaluasi oleh Kementerian Pertahanan Finlandia: Kongsberg’s NSM, MBDA’s Exocet, Boeing’s Harpoon and Saab’s RBS15.

Pemilihan rudal Israel menandai pencapaian penting bagi IAI, mewakili penjualan pertama sistem strategis semacam itu ke angkatan laut Eropa. Juga dikenal sebagai Gabriel 5, senjata ini adalah anggota terbaru dari keluarga rudal naval strike yang dikembangkan oleh IAI. Sedikit yang diketahui tentang senjata ini, yang diyakini beroperasi pada kapal rudal Angkatan Laut Israel dan dengan beberapa angkatan laut asing.

FNS Tornio, Hamina-class missile boat. (photo: MKFI via commons.wikipedia.org)

Dengan ukuran yang kira-kira setara dengan Harpoon Amerika dan French Exocet, rudal Israel baru mencakup rentang yang lebih panjang dan dapat menyelesaikan misinya bahkan di lingkungan yang sangat ketat. Menurut IAI, sistem ini mencapai efektivitas operasional yang sangat tinggi, terutama di daerah pesisir. Dengan demikian, dioptimalkan untuk operasi di perairan yang padat, dan di bawah peperangan elektronik yang berat dan melawan tindakan balasan yang canggih, tipikal skenario yang mungkin dihadapi di Laut Baltik.

Menurut MoD Finlandia, rudal akan dapat digunakan dari platform kendaraan di darat dan terhadap target darat. Gabriel 5 dan Barak 8 dideskripsikan sebagai bagian dari gabungan sistem sistem pertahanan dan pertahanan yang dibangun oleh divisi Rudal dan Ruang Angkasa IAI untuk angkatan laut Israel dan untuk diekspor.

Pengiriman akan dimulai pada 2019 dan berlanjut hingga 2025. Angkatan Laut Finlandia diperkirakan akan mempertahankan rudal baru dalam layanan selama 30 tahun. Pembelian akan mencakup peluncur, rudal, simulator, peralatan uji, suku cadang dan pelatihan. SSM2020 akan dipertahankan di Finlandia. Kontrak awal bernilai € 162 juta, dengan opsi senilai € 193 juta.

Setara Harpoon

Gabriel Mark 5, yang juga dikenal di Israel sebagai Advanced Naval Attack Missile, adalah setara dengan rudal Amerika Serikat Harpoon. Senjata “menggunakan pencari radar aktif canggih dan sistem kontrol senjata canggih untuk mencapai efektivitas operasional yang sangat tinggi,” menurut produsen IAI. Ia dapat memilih target di perairan yang padat dan orang-orang yang berlayar di dekat pantai di mana kekacauan radar adalah masalah, tahan sekam dan macet, dan dapat “menembus pertahanan yang sangat keras,” kata IAI.

Gabriel Advanced Naval Attack Missile. (photo: IAI)

Overcomes Limitations of Existing Missiles:

  • Congested waters – overcomes selectivity problems
  • Copes with rapidly evolving tactical situation
  • Copes with near shore targets
  • Overcomes close chaff, decoys & active ECM
  • Penetrates hard-kill defenses

Yang menjadi pertanyaan luas, mengapa Finlandia membeli dari Israel, dan mengapa Israel menjual salah satu misilnya yang paling canggih (dan yang tampaknya belum dijual kepada orang lain). Perhatikan bahwa awal tahun ini, pemerintah AS menyetujui permintaan angkatan laut Finlandia untuk membeli rudal anti-kapal Harpoon II Extended Range dan rudal anti-pesawat Evolved Seasparrow.

Nationalinterest.org menganalisa diversifikasi rudal anti-kapal dari negara-negara barat di sekitar Laut Baltik juga merupakan hal yang baik, karena ini membuat Armada Baltik Rusia lebih sulit untuk mengoptimalkan tindakan balasan.”

Yang membawa masalah yang lebih rumit: bagaimana reaksi Rusia terhadap penjualan Israel? Yerusalem dan Moskow kini sedang berdansa halus, dengan Rusia berusaha mencegah Israel dari campur tangan dalam konflik Suriah, dan Israel berusaha membujuk Rusia agar menjaga Iran dan Hizbullah agar tidak membara di sepanjang perbatasan Israel-Suriah. Dengan Finlandia membuat suara tentang bergabung dengan NATO, dan rudal Finlandia kemungkinan besar akan digunakan melawan Rusia, tampaknya waktu yang aneh bagi Israel untuk menjual senjata ke Finlandia.

Sebelum digantikan oleh Gabriel Advanced Naval Attack Missile, Hamina-class missile boat Finlandia mengusung 4 × RBS-15 Mk2 SSM (Saab).

Meski kecil Kapal boat Hamina-class memiliki persenjataan yang mumpuni:

Electronic warfare
& decoys:
  • MASS (Multi Ammunition Soft-killSystem) (Rheinmetall)
  • Decoys: Philax chaff, IR flares
  • Smoke system: Lacroix ATOS
  • EMS: Matilda radar warning system(Thales)
Armament:
  • 1 × Bofors 57 mm/70 SAK Mk3
  • 2 × 12.7 mm machine guns (NSV)
  • 8 × Umkhonto-IR SAM (Denel)
  • 4 × RBS-15 Mk2 SSM (Saab)
  • 1 × rail for depth charges or mines (Sea Mine 2000)

Kapal ini memiliki panjang 51 meter, lebar 8,5 meter.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *