Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Pilot Pertama F-35A Korea Selatan yang Terbang Solo

Militer.or.id – Pilot Pertama F-35A Korea Selatan yang Terbang Solo.

Mayor Kiyun Jung, pilot F-35A Angkatan Udara Republik Korea, bersiap untuk misi solo pertamanya 20 Juli 2018, di Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona. (photo: USAF).

Arizona, Militer.or.id – Seorang pilot Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) F-35A melakukan misi solo pertamanya di pesawat jet tempur siluman F-35A Lightning II generasi kelima di Pangkalan Angkatan Udara Luke di Arizona, Amerika Serikat pada Juli, kata Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan, dirilis TheDiplomat.com, 25/7/2018

Setelah berbulan-bulan intensif di pendidikan akademis, simulator, dan pelatihan langsung, Mayor Kiyun Jung memulai penerbangan perdananya – penerbangan solo pertama oleh pilot ROKAF dengan jet tempur F-35A. Dia adalah siswa pertama dalam bab pelatihan penerbangan Korea Selatan selama lima tahun Program Penjualan Militer Asing (FMS). (Dua kelas lebih dari siswa ROKAF dijadwalkan untuk dilatih sebagai pilot F-35A di tahun-tahun mendatang.)

“Penerbangan ini adalah tonggak besar bagi Republik Korea, dan bagi kami untuk menjadi bagian dari itu adalah kehormatan luar biasa karena kami menyadari besarnya peristiwa ini untuk kedua negara,” kata Letnan Kolonel Eric Puels, Komandan Detasemen 944 Grup Operasi 2, unit yang bertanggung jawab untuk melakukan pelatihan penerbangan. “Bagi kami untuk dapat menjalin hubungan ini dan mengenal pilot-pilot ini selama perjalanan mereka menuju kekuatan udara generasi kelima luar biasa.”

Jet tempur F-35A Lightning II pertama yang diperuntukkan bagi ROKAF diluncurkan pada bulan Maret tahun ini di fasilitas produksi Lockheed Martin di Fort Worth, Texas. F-35A adalah varian lepas landas dan pendaratan konvensional multi-pesawat stealth fighter. Korea Selatan pertama F-35A dikirim ke Pangkalan Angkatan Udara Luke dari Fort Worth awal tahun ini.

Republik Korea dan pemerintah AS secara resmi menandatangani Surat Penawaran dan Penerimaan untuk pembelian 40 jet tempur F-35A pada September 2014 di bawah program FMS Pentagon. Total biaya akuisisi diperkirakan sekitar USD $ 7 miliar. Semua Empat puluh ROKAF F-35A akan dirakit di fasilitas produksi Lockheed Martin di Fort Worth.

Produsen F-35As, kontraktor pertahanan AS Lockheed Martin, memenangkan kontrak senilai $ 7 miliar dengan menawarkan 25 teknologi yang digunakan pada F-35A untuk mendukung program KF-X tempur asli Korea Selatan senilai $ 15 miliar. Namun, pemerintah AS tidak berbagi empat teknologi utama F-35A termasuk radar yang dipindai secara elektronik aktif, sistem pencarian dan penyelamatan inframerah, pod penargetan elektro-optik dan jammer frekuensi radio, yang secara merugikan mempengaruhi hubungan pertahanan bilateral untuk sementara waktu. .

Di bawah proyek KF-X, Korea Selatan dan Indonesia telah sepakat untuk bersama-sama mengembangkan jet tempur siluman pribumi dengan ROKAF yang diperkirakan akan menerima hingga 120 pejuang dan Angkatan Udara Indonesia antara 40 dan 80 pesawat pada akhir 2020-an.

ROKAF F-35A pertama akan dikerahkan ke Korea Selatan pada 2019 dengan seluruh pengiriman diperkirakan akan selesai pada akhir 2021 atau awal 2022). Jet tempur siluman akan ditempatkan di pangkalan udara Cheong Ju. Seperti yang saya laporkan pada bulan Desember 2017, Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Republik Korea diduga telah memulai proses pengadaan untuk tambahan 20 F-35As.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *