Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Ini Dia Penerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana 2018 – Militer.or.id

Militer.or.id – Ini Dia Penerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana 2018 – Militer.or.id.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, memimpin upacara penyematan brevet kehormatan kepada 10 orang pejabat lainnya, dalam suatu upacara di dalam lambung kapal selam KRI Ardadedali-404 yang berlayar di wilayah perairan Teluk Jakarta.

Jakarta, Militer.or.id – TNI Angkatan Laut dalam hal ini Satuan Kapal Selam memberikan Kehormatan kepada 11 pejabat Negara Republik Indonesia pada Senin 30, Juli 2018 bertempat di Perairan Wilayah Jakarta. Penyematan tersebut dilaksanakan dari lambung kapal selam KRI Ardadedali-404.

11 Pejabat tinggi negara yang mendapatkan kehormatan Brevet Hiu Kencana Kapal Selam, tersebut yaitu :

  1. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.
  2. Ketua DPR RI H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A.
  3. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia Dr. H. Asman Abnur, S.E., M.Si.
  4. Menteri PPN/Ketua Bappenas Prof. Dr. Bambang P.S. Brodjonegoro.
  5. Ketua BPK RI Prof. Dr. Moermahadi Soerja D, CA., CPA.
  6. Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.
  7. Anggota I BPK RI Dr. Agung Firman S, S.E., M.Si.
  8. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.
  9. Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M.
  10. Pangkoarmada II Laksda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.
  11. Pangkoarmada III Laksda TNI ING Ariawan, S.E., M.M.

Berbeda dengan upacara Penyematan Brevet Hiu Kencana sebelumnya, dalam kegiatan ini penyematan brevet Hiu Kencana dilaksanakan terlebih dahulu kepada Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di ruang PIT dan Penyematan selanjutnya kepada 10 pejabat negara lainnya dilaksanakan di ruang Torpedo, Kapal Selam.

Pada kesempatan tersebut Kasal langsung memimpin upacara penyematan brevet kehormatan kepada 10 orang pejabat lainnya, dalam suatu upacara di dalam lambung kapal selam KRI Ardadedali-404 yang berlayar di wilayah perairan Teluk Jakarta. Dengan disematkannya Brevet Hiu Kencana di dada kanan para pejabat RI, maka ke-11 pejabat tersebut secara resmi menjadi warga kehormatan Korps Hiu Kencana Kapal Selam TNI Angkatan Laut.

Dikatakan oleh Ketua DPR RI sesaat setelah upacara tersebut “inilah kapal selam yang baru saja kita beli dari Korea Selatan, saya mengucapkan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kasal dan jajaran TNI AL atas penganugerahan brevet kehormatan ini.” Kebutuhan negara kita akan kapal selam harus terus ditambah lagi tentunya untuk pelaksanaan tugas-tugas jajaran TNI AL” ungkap Ketua DPR RI H. Bambang Soesatyo.

Senada dengan hal tersebut, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana yang diselenggarakan ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan dari TNI AL khususnya Satuan Kapal Selam kepada seluruh tokoh, warga serta jajaran TNI dan TNI AL yang telah memiliki jasa, perhatian, perjuangan, maupun pengorbanan bagi kejayaan TNI AL, utamanya berpartisipasi demi kemajuan pengembangan kapal selam, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Korps Hiu Kencana Satuan Kapal Selam TNI AL yang memiliki motto “Wira Ananta Rudira”, saat ini berada di bawah Komando Armada II Surabaya.

Saat ini sebagai Komandan Satuan Kapal Selam dijabat oleh Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, sedangkan Kapal Selam KRI Ardadedali-404 yang digunakan dalam kegiatan Penyematan Brevet Hiu Kencana, merupakan Alutsista terbaru TNI AL buatan Korea Selatan yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu yang baru saja tiba di tanah air pada 17 Mei 2018 lalu. (tnial.mil.id).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *