India Membeli NASAMS 2 Untuk Lindungi Ibukota – Militer.or.id

Militer.or.id – India Membeli NASAMS 2 Untuk Lindungi Ibukota – Militer.or.id.

Sistem pertahanan udara jarak menengah NASAMS (Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System) © Nederlands MoD via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Sedikit demi sedikit, India telah berupaya menjadikan New Delhi, ibukota negaranya jadi tak tertembus terhadap serangan militer seperti pesawat, rudal, dan pesawat tanpa awak, seperti dilansir dari laman Times of India.

Langkah-langkah yang dilakukan itu termasuk memperoleh perisai rudal baru untuk menggantikan sistem pertahanan udara yang lebih tua, konfigurasi ulang zona larangan terbang VIP dan menyempurnakan protokol untuk menembak jatuh pesawat-pesawat musuh.

Sejumlah sumber mengatakan bahwa dewan akuisisi pertahanan (DAC), yang diketuai oleh Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman, telah menyetujui “penerimaan kebutuhan” (AoN) untuk akuisisi Norwegian Advanced Surface-to-Air Missile System 2 (NASAMS 2) yang bernilai sekitar $ 1 miliar dari AS.

Bersamaan dengan itu, sebagai bagian dari Rencana Pertahanan Udara Wilayah Delhi secara keseluruhan, pekerjaan akan dilanjutkan untuk menyelaraskan kembali “area VIP-89” di atas New Delhi, yang meliputi Blok Rashtrapati Bhawan, Parlemen, Utara dan Selatan, serta mempersingkat lingkaran pengambilan keputusan untuk menembak jatuh pesawat yang mungkin telah dibajak atau disita untuk digunakan sebagai “rudal terhadap target strategis”, kata sumber itu.

NASAMS, dilengkapi dengan radar Sentinel 3D, rudal jarak pendek dan juga menengah, peluncur, pusat distribusi tembakan serta unit komando dan kontrol untuk mendeteksi, melacak dan menembak beberapa ancaman udara dengan cepat, merupakan bagian dari pertahanan udara jaringan yang menjaga Washington.

Langkah India untuk mengakuisisi NASAMS datang bahkan ketika DRDO sedang dalam tahap akhir mengembangkan perisai pertahanan rudal balistik (BMD) berlapis, yang di rancang untuk melacak dan menghancurkan rudal nuklir di dalam (endo) dan di luar (exo) atmosfer bumi.

“Setelah Tahap-I dari sistem BMD beroperasi, itu akan dikerahkan untuk melindungi kota-kota seperti Delhi dan Mumbai dari rudal jarak jauh dengan jangkauan serangan 2.000 km. NASAMS, pada gilirannya, diarahkan untuk mencegat rudal jelajah, pesawat dan drone”, menurut seorang sumber.

Kementerian Pertahanan India, telah menyiapkan anggaran $ 2 miliar untuk membeli 24 unit helikopter MH-60 ‘Romeo’, termasuk senjata terkait, suku cadang dan pelatihan, dari AS yang tertunda sampai dialog “dua-plus-dua” antara kedua negara pada tanggal 6 September.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *