Kenapa Israel Kembali Membeli Armada F-15?

Kenapa Israel Kembali Membeli Armada F-15?

Militer.or.id – Kenapa Israel Kembali Membeli Armada F-15?.

Jet tempur F-15i Ra’am Angkatan Udara Israel (IAF) © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Dengan makin dekatnya finalisasi desain airframe terbaru untuk jet tempur berbasis F-15 Eagle oleh Boeing, pesawat baru itu telah mendapatkan banyak perhatian tidak hanya di Amerika Serikat saja, seperti dilansir dari Military Watch.

Angkatan Udara Israel, sebagai operator asing tertua untuk armada jet tempur F-15 dan salah satu dari hanya tiga klien ekspor untuk varian pejuang superioritas udara bersama Jepang dan Arab Saudi, telah dilaporkan melihat desain baru F-15 akan sangat berguna dan mungkin ideal dalam hal letalitas serta efektivitas biaya modernisasi kemampuan superioritas udaranya.

Militer Israel telah lama memiliki hubungan khusus dengan si “Elang”, menjadi yang pertama untuk menyebarkannya dalam pertempuran dengan efektivitas yang sangat baik melawan pejuang yang dibangun Soviet di negara tetangganya, Suriah dan mendapatkan sebagian besar serangan udara-ke-udara yang pernah dicapai dengan pesawat tempur di seluruh dunia.

Israel adalah satu-satunya negara yang memiliki lima varian utama F-15, yakni varian A/B dan C/D yang lebih modern dan diperoleh dari akhir 1970-an dan pesawat tempur F-15E yang lebih mahal dan diperoleh dari tahun 1990-an.

Varian F-15E Strike Eagle yang menggunakan komponen pribumi Israel secara ekstensif disebut sebagai F-15I Ra’am, dan dalam banyak hal jauh lebih unggul daripada F-15E Strike Eagle standar yang dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

Sementara armada F-15 Israel menjadi sangat mampu menjaga supremasi udara dan kemampuannya untuk memproyeksikan kekuatan di seluruh Timur Tengah sangatlah bergantung pada armada Eagle negara itu.

Israel dan Jepang diharapkan menjadi klien utama untuk F-22 Raptor, analog generasi kelima dari F-15, sama seperti F-35 sebagai analog dari F-16 yang lebih ringan dan lebih murah, namun larangan oleh Kongres AS pada ekspor Raptor mencegah kedua negara dan klien potensial lainnya dari modernisasi armada udara mereka.

Hal tersebut memiliki konsekuensi yang sangat serius terhadap keseimbangan kekuatan udara sejumlah sekutu AS dan menyebabkan Jepang kehilangan keunggulan dalam hal superioritas langsung terhadap tetangganya. Mempertimbangkan detail yang kemudian muncul terkait persyaratan pemeliharaan dan biaya operasional Raptor yang besar, dan ekonomi Israel yang relatif kecil dan anggaran pertahanan terbatas, apakah F-22 akan benar-benar sesuai untuk kebutuhan pertahanan negara itu telah dipertanyakan.

Namun demikian, Raptor yang tidak terjangkau dan F-15C, platform superioritas udara perdana negara yang cepat menua, Israel sangat membutuhkan jet tempur superioritas udara yang lebih andal. Masuknya F-15X sangat mungkin sebagai pejuang sempurna untuk persyaratan Israel.

Ancaman terhadap superioritas udara Israel tersebut, mencakup akuisisi Mesir dengan armada MiG-35 dalam jumlah besar, walau lebih ringan daripada F-15 dan tidak khusus untuk superioritas udara memang dapat menimbulkan tantangan yang jauh lebih besar daripada jet ringan F-16C yang sebelumnya menjadi andalan kemampuan perang udara Mesir.

MiG-35 atau dikenal pula sebagai MiG-29M menggunakan teknologi generasi 4++ yang lebih unggul daripada F-15, meski layanan ketinggian mereka sedikit lebih rendah tapi mereka lebih bermanuver, membawa rudal udara-ke-udara yang superior dengan jarak hingga 130 km, dilengkapi sensor infra merah tingkat lanjut dan memungkinkan mereka untuk beroperasi tanpa radar.

Di tempat lain di Afrika, Sudan dilaporkan telah menempatkan pesanan besar untuk Su-35, pejuang superioritas udara generasi mendatang Rusia, sementara Aljazair sudah membanjiri pejuang ini dalam jumlah besar yang dapat disebar melalui Mesir, Suriah atau tempat lain dalam kasus yang tidak mungkin tetapi dari perang Arab-Israel.

Suriah juga tampaknya akan menerima pesawat tempur baru yang telah dimodernisasi termasuk pesawat tempur MiG-29SMT generasi 4+ dengan kemampuan serupa dengan MiG-35 yang dipesan oleh Mesir. Damaskus sebelumnya telah menunjukkan minatnya untuk mengakuisisi MiG-31, jet pencegat kelas berat dari Rusia, dan apabila negara itu mencoba lagi untuk membeli jet elit ini maka akan menjadi bencana dan secara efektif mengakhiri keunggulan kualitatif Israel di udara.

Lebih jauh ke arah timur Republik Islam Iran, musuh regional utama Israel, dilaporkan merencanakan akuisisi jet tempur superioritas udara Su-30 Flanker dari Rusia yang tentu jauh lebih superior daripada F-15C dalam kemampuan tempur udara mereka.

Minat Teheran dalam hal memproduksi jet tempur di dalam negeri dibawah lisensi telah menunjukkan bahwa Angkatan Udara Iran sedang mempertimbangkan akuisisi dalam jumlah yang cukup besar yang memungkinkannya tidak hanya untuk mempertahankan udara tetapi juga untuk memproyeksikan kekuatan di seluruh Timur Tengah dan bahkan beroperasi secara ofensif melawan target Israel menggunakan Flanker jarak jauh.

Upgrade besar-besaran yang diterapkan oleh Iran kepada armada superioritas F-14 yang ada, didukung oleh beberapa lusin je tempur MiG-29 mampu menggotong rudal udara-ke-udara presisi tinggi terbaru yang dikembangkan oleh Iran untuk armada F-14-nya memberikan jangkauan lebih dari dua kali lipat kemampuan F-15C Israel.

Jet tempur F-15X akan dibangun diatas kemampuan yang sudah dahsyat dari airframe Eagle, termasuk kecepatan tinggi, ketinggian operasional dan kemampuan manuvernya, sambil menambahkan fitur lanjutan generasi berikutnya termasuk radar AESA yang bisa jadi berasal dari F-22, juga rudal udara-ke-udara AIM-120D baru dengan jangkauan 180 km, sistem pencari dan dan pelacak infra merah, tampilan avionik modern serta kokpit dan sistem peperangan elektronik baru.

F-15X dilaporkan mampu membawa 24 rudal udara-ke-udara, ini berarti tiga kali lebih banyak daripada F-15C dan F-22 dan lebih banyak dari pesawat tempur yang pernah di kembangkan di mana pun di dunia.

Pada akhirnya jet tempur F-15X akan menjadi pengubah permainan bagi Israel demi mempertahankan posisinya dan memastikan keunggulan kualitatif yang berkelanjutan diudara selama bertahun-tahun jika tidak beberapa dekade ke depan.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *