Prancis Kembangkan MICA NG Untuk Armada Rafale

Prancis Kembangkan MICA NG Untuk Armada Rafale

Militer.or.id – Prancis Kembangkan MICA NG Untuk Armada Rafale.

MBDA MICA terpasang di sayap jet tempur Dassault Rafale Prancis © David Monniaux via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Rudal-rudal MICA NG terbaru ini akan menggantikan rudal MICA saat ini, yang penarikan layanan secara bertahap diharapkan dimulai antara 2018 dan 2030, seperti dilansir dari laman Kementerian Pertahanan Prancis.

Kinerja dari misil-misil baru tersebut akan mampu mengatasi evolusi dari ancaman dan lemahnya sistem perlindungan, untuk memastikan perlindungan atas wilayah nasional, perolehan dan pemeliharaan superioritas udara dan perlindungan terhadap serangan.

Rudal-rudal baru tersebut akan dikembangkan dalam dua varian, yakni dengan pemandu inframerah (IR) dan elektromagnetik (EM) yang mana dikirimkan antara tahun 2026 hingga tahun 2031.

Inovasi mereka di bidang pendorong mandiri dan propulsi, kemampuan ground-to-air mereka melalui versi VL MICA dan ketahanan mereka terhadap standar ITAR memberi MICA NG potensi ekspor yang kuat.

MBDA MICA terpasang di sayap jet tempur Dassault Rafale Angkatan Laut Prancis © Kemenhan Prancis

Prospek ekspor ini diperhitungkan dalam negosiasi kontraktual untuk mendistribusikan lebih baik upaya pembiayaan serta manfaat yang diharapkan. Dengan demikian, bagian yang sangat signifikan dari biaya pengembangan rudal ditanggung oleh produsen yang memegang kontrak ini yakni MBDA, Safran dan Thales.

Selain itu, kontrak akuisisi akan menyediakan royalti bagi Negara, serta mekanisme untuk mengurangi harga rudal yang dibeli oleh Prancis dalam hal mencapai target ekspornya.

Untuk Prancis, ekspor merupakan bagian integral dari model kedaulatan ekonomi dengan memungkinkan teknologi industri dan basis pertahanannya (BITD) mempertahankan kapasitasnya yang mencakup seluruh spektrum teknologi penting.

Kementerian Pertahanan Prancis berdiri di samping para industrialis melalui dukungan kebijakan yang kuat, sambil menunggu pengembalian yang adil bagi keuangan publik dari upaya yang telah dilakukan oleh Negara.

Pertimbangan sistematis dari pengaruh tersebut dalam negosiasi kontraktual merupakan sumbu dari simbol perbaikan yang diharapkan atas reformasi Direktorat Jenderal untuk Persenjataan (DGA) yang diinginkan oleh Menteri Pertahanan dan diumumkan tanggal 5 Juli 2018.

Penerapannya pada negosiasi “MICA NG”, program senjata pertama yang diluncurkan dalam pelaksanaan di bawah UU Perencanaan Militer (LPM) periode tahun 2019-2025, diumumkan pada 13 Juli oleh Presiden Prancis, mendirikan penyeimbangan pertahanan dan industri yang dipromosikan oleh Menteri Pertahanan Prancis.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *