Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Militer Rusia Telah Kembangkan Komputasi Awan Khusus

Militer.or.id – Militer Rusia Telah Kembangkan Komputasi Awan Khusus.

Militer Rusia Kembangkan Komputasi Awan Khusus untuk Penyimpanan Data Sangat Rahasia © Nikolay Hiznyak via Sputnik

Militer.or.id – Militer Rusia akan menerima sistem cloud (komputasi awan) khusus guna menyimpan informasi rahasia terkait teknologi, personel dan segala sesuatunya yang dianggap sangat rahasia, seperti dilansir dari laan Russia Beyond.

Pengembang IT Rusia saat ini sedang berupaya menciptakan jaringan internet khusus militer yang tidak terhubung dengan internet biasa. Nilai proyek tersebut diperkirakan mencapai US $ 6,5 juta atau sekirar Rp. 91,6 miliar dan akan mulai berfungsi pada tahun 2020.

“Sejumlah pusat anti bencana akan dibangun di seluruh negeri, memungkinkan semua struktur untuk berkomunikasi secara langsung serta memproses semua informasi yang diperlukan tanpa bahaya terungkap oleh dinas intelijen asing” terang Viktor Litovkin.

Menurutnya, salah satu pusat tersebut telah lulus semua pengujian militer dan IT, serta sudah beroperasi di Distrik Militer Selatan Rusia. Untuk ke depannya akan ada pusat serupa di setiap distrik militer Rusia dan bahkan kemungkinan di Suriah. Namun, yang disebut terakhir masih dalam pertimbangan.

Masing-masing pusat ini akan menjadi benteng siber negara. Setiap ruang server akan dijaga dan memiliki tenaga listriknya sendiri.

“Setiap program serta perangkat keras komputer dibuat oleh Rusia. Tidak akan ada perusahaan lain pada komputer dan server tersebut”, Litovkin menambahkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *