Ratusan Prajurit TNI Tiba di Lombok Bantu Korban Gempa

Militer.or.id – Ratusan Prajurit TNI Tiba di Lombok Bantu Korban Gempa.

Selain membawa 173 Prajurit TNI dari Yon Zikon 13/KE dan Yonzikon 14/Serada Wira Camertita, kapal KRI TNI AL juga membawa material berupa kendaraan angkut berat, seperti Dump truck, Crane cargo, Selfloader, Backhoe loader, Dozer dan Forklift.

Lombok, Militer.or.id – Tentara Nasionl Indonesia (TNI) tidak henti-hentinya mengirimkan bantuan berupa personel dan materiil dalam rangka membantu warga masyarakat akibat gempa tektonik berkekuatan 7.0 SR yang mengguncang wilayah Lombok, pada Minggu 5 Agustus 2018 lalu.

HARUS BACA :  Australian Tankers to Get Automatic Midair Refueling Capability

TNI kembali memberangkatkan 173 Prajurit TNI dari Batalyon Zeni Konstruksi 13/Karya Etmaka (Yon Zikon 13/KE) dan Yonzikon 14/Serada Wira Camertita ke Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan KRI Teluk Sibolga 536 dan KRI Banjarmasin 592 dari Jakarta.

Hal tersebut dikatakan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah pada Jumat 10-8-2018 di Puspen TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Menurut Mayjen TNI M. Sabar Fadhilah, pemberangkatan 173 Prajurit TNI dari Yon Zikon 13/KE dan Yonzikon 14/Serada Wira Camertita ke Lombok dalam rangka membersihkan puing-puing rumah, sarana dan prasana umum yang terkena dampak gempa.

HARUS BACA :  Waspada Terhadap Ancaman Nonmiliter yang Tak Terlihat – Militer.or.id
HARUS BACA :  India Tambah 56 Unit Kapal Perang dan 6 Unit Kapal Selam

Saat ini, gelombong pertama dan kedua yang berjumlah 173 prajurit telah tiba di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Carik Lombok.

“Selain membawa 173 Prajurit TNI dari Yon Zikon 13/KE dan Yonzikon 14/Serada Wira Camertita, kapal KRI TNI AL juga membawa material berupa kendaraan angkut berat, seperti Dump truck, Crane cargo, Selfloader, Backhoe loader, Dozer dan Forklift,” kata Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

HARUS BACA :  Rusia Optimis Indonesia Beli Sprut-SDM1

Ditambahkan oleh Kapuspen TNI bahwa rencananya gelombang ketiga akan diberangkatkan dengan KRI Teluk Parigi 359 pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018. “Total jumlah pasukan Zeni yang dikirimkan dari Jakarta seluruhnya berjumlah 315 orang, dipimpin oleh Letkol CZI Aji Sujiwo yang sehari-hari menjabat Danyon Zikon 13/KE,” ucapnya.

Selanjutnya, Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan bahwa Pasukan Zeni akan melaksankan tugas-tugasnya dibawah koordinasi Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani selaku Komandan Penanganan Darurat Bencana (PDB).

“Pengiriman bantuan personel TNI dari satuan Zeni tersebut, diharapkan dapat mempercepat proses pembersihan puing-puing reruntuhan dan pemulihan bangunan akibat gempa, sehingga masyarakat korban gempa dapat beraktifitas kembali normal,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah. (Puspen TNI)

HARUS BACA :  3 KRI 2 Pesawat Koarmabar, Cari Kru Destroyer AS yang Hilang
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.3k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Prancis Jerman Sepakat Kembangkan Jet Tempur Masa Depan

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here