Rudal Balistik Iran Lintasi Selat Hormuz

Militer.or.id – Rudal Balistik Iran Lintasi Selat Hormuz.

Iran luncurkan rudal balistik Fateh-110 di selat Hormuz © Kementerian Pertahanan Iran

Militer.or.id – Ketika Angkatan Laut Iran latihan untuk operasi yang berpotensi menutup Selat Hormuz yang strategis minggu lalu, Korps Garda Revolusioner Islam secara diam-diam menguji rudal balistik disana, menurut satelit mata-mata AS yang dilansir dari laman Sputnik.

dilaporkan dari Fox News pada hari Jumat, bahwa pasukan Iran meluncurkan misil Fateh-110 Mod 3 dalam latihan besar-besaran Angkatan Laut Iran untuk berlatih menutup Selat Hormuz. Tampaknya itu adalah uji coba rudal pertama oleh Teheran pada tahun 2018.

HARUS BACA :  Terusik, Prancis Akan Buang Komponen AS dari SCALP

Rudal itu diluncurkan dari Bandar-e-Jask, Provinsi Hormozgan, Iran tenggara, sebut pejabat AS kepada Fox News, menambahkan bahwa rudal itu melakukan perjalanan sekitar 100 mil melintasi Selat Hormuz sebelum mendarat di gurun wilayah Iran.

Pentagon mengakui adanya latihan Angkatan Laut Iran tetapi menolak kesempatan untuk mengomentari tentang peluncuran rudal tersebut.

“Sangat jelas bagi kami bahwa mereka mencoba menggunakan latihan itu untuk mengirim pesan kepada kami bahwa ketika kami mendekati periode sanksi ini, mereka memiliki sejumlah kemampuan”, sebut Jenderal Joseph Votel, kepala Komando Pusat AS pada hari Rabu di Pentagon.

Iran, secara teratur melakukan latihan Angkatan Laut di dekat selat, dan uji coba rudal itu dilakukan dalam perairan teritorial Iran, seorang pejabat AS yang mengkonfirmasi uji tersebut menurut laporan Reuters.

“Selat Hormuz adalah chokepoint minyak paling penting di dunia karena aliran minyak hariannya mencapai 17 juta barel pada tahun 2015 serta menyumbang 30 persen dari semua minyak mentah yang diperdagangkan di laut dan cairan lainnya. Pada tahun 2016 meningkat menjadi 18,5 juta barel per hari”, tulis laporan Badan Energi AS.

Sekitar 30 persen dari ekspor gas alam cair global berasal dari Qatar melalui Selat Hormuz pada tahun 2016, berdasarkan laporan bertajuk “Statistical Review of World Energy 2017”.

HARUS BACA :  MTC Shows Mobile Offshore Base Station

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Nasrallah Tuduh Netanyahu Giring Kawasan Menuju Perang

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here
HARUS BACA :  MTC Shows Mobile Offshore Base Station