Rusia Ancam Hentikan Pasokan Mesin RD-180, NASA Galau

Rusia Ancam Hentikan Pasokan Mesin RD-180, NASA Galau

Militer.or.id – Rusia Ancam Hentikan Pasokan Mesin RD-180, NASA Galau.

Direktur NASA, Jim Brydenstain © Bao Dat Viet

Militer.or.id – Baru-baru ini, C-SPAN telah mewawancarai direktur Badan Luar Angkasa AS (NASA), Jim Brydenstain dan menyebut tentang kemampuan Rusia untuk menanggapi sanksi baru AS terkait dengan dugaan meracuni bekas mata-mata Rusia, Sergei Skripal dan putrinya, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Ketika ditanya tentang opsi Rusia dapat menghentikan mesin RD-180 untuk Amerika Serikat, Jim Brydenstain mengatakan, “Amerika sedang berusaha menghilangkan ketergantungan pada roket Rusia. Apakah Anda ingin bergantung? Tidak, tapi kami ingin kerjasama”.

“Bahkan jika kami bisa mendapatkan roket peluncur lengkap dengan buatan AS, untuk astronot AS, kami juga ingin mempertahankan hubungan dengan Rusia, kemungkinan bagi kru mereka dan kami untuk meluncurkan menggunakan roket mereka. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) benar-benar internasional dan perlu dioperasikan dengan sebuah cara”, jawab Direktur NASA.

Brydenstain menekankan bahwa dia juga hadir saat Presiden Trump menandatangani sanksi Rusia, tetapi itu adalah tugas pemerintah AS. Meninggalkan agen yang dikelola, yang mana dia mencoba mempertahankan hubungan kerjasama dengan Rusia.

Jim Brydenstain mencoba menghindar ketika dikonfrontasi bahwa sanksi AS tersebut akan dibalas dengan menghentikan pasokan roket RD-180 dari Rusia.

“Saya juga ingin katakan bahwa NASA adalah satu-satunya badan yang tersisa dari pemerintah federal AS yang masih memiliki hubungan dengan Rusia disaat hubungan kedua negara semakin longgar. Kami memiliki astronot AS di stasiun luar angkasa internasional, dan mereka semua tiba disana dan terbang menggunakan mesin buatan Rusia, itu hubungan yang hebat, itu bersejarah”, terangnya.

Kami ingin menegaskan kembali bahwa kami ingin kerjasama dalam bidang ruang angkasa. Ini adalah kekuatan lunak yang besar dari Amerika Serikat. Ketika saluran berita berulangkali menyampaikan bagaimana hubungan antara kedua negara telah rusak, kedua negara masih dapat berdialog untuk menjelajahi ruang angkasa serta sains.

NASA luncurkan Atlas V yang ditenagai mesin RD-180 buatan Rusia

Terlepas dari tanggapan Rusia terhadap Amerika Serikat di luar angkasa, Brydenstain menekankan: “Kami sedang mempelajari bagaimana mempertahankan hubungan ini dengan pembatasan yang ada. Saya sangat yakin bahwa kami akan mampu melakukan semua itu”.

Direktur NASA juga mengungkapkan bahwa ia akan ada pertemuan dengan kepala Roskosmos Dmitry Rogozin. Dmitry Rogozin telah dilumpuhkan dalam daftar hitam hukuman AS sebelumnya.

Sebelumnya, ketika ditanya tentang gagasan menghentikan RD-180 ke AS, perwakilan NASA menolak menjawabnya. Badan itu mengutip ketentuan dalam kontrak untuk mengatasi kemungkinan hukuman pada Rusia.

“Perusahaan yang memastikan peluncuran satelit dan peralatan ilmiah untuk NASA serta pengiriman kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional secara komersial sudah layak. Yang menghalangi perusahaan mengambil langkah yang diperlukan untuk memenuhi kewajiban kontrak mereka”, menurut NASA.

Gagasan untuk menanggapi sanksi AS dengan menghentikan pasokan RD-180 adalah oleh Senator Rusia Sergei Ryabukhi, kepala Komite Anggaran Federasi Rusia. Yang mengatakan bahwa menghentikan pengiriman mesin roket generasi lama, RD-180, adalah salah satu tanggapan paling sulit atas langkah agresif Washington.

Sejauh ini, banyak anggota parlemen Rusia mengatakan mereka dapat menghentikan pasokan mesin RD-180 ke AS sebagai tanggapan terhadap sanksi Washington. Namun, ini semua belum pernah disebutkan oleh pihak berwenang Rusia.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *