Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Radar APG-83 Sukses Dipasang ke F/A-18C Hornet AS

Militer.or.id – Radar APG-83 Sukses Dipasang ke F/A-18C Hornet AS.

Jet tempur F/A-18C Hornet Angkatan Laut AS. © US Navy via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Northrop Grumman Corp. telah berhasil memasangkan produk APG-83 Scalable Agile Beam Radar (SABR) pada jet tempur F/A-18C Hornet Korps Marinir AS di Marine Corps Air Station Miramar, California, seperti dilansir dari situs Northrop Grumman.

Pemeriksaan telah dilakukan tanggal 2 Agustus 2018 atas permintaan Korps Marinir, menunjukkan bahwa APG-83 SABR adalah pilihan berisiko rendah untuk pemasangan pada armada F/A-18C/D Hornet dan bahwa radar tersebut bisa diintegrasikan dengan mesin, sistem pendingin dan avionik pesawat.

“Korps Marinir AS meminta solusi Active Electronically Scan Array (AESA) karena peningkatan keandalan dan keberlanjutan radar tanpa penurunan kinerja operasional”, menurut Greg Simer, wakil presiden, sistem avionik terpadu, Northrop Grumman.

Tujuan dari Korps Marinir AS adalah memodifikasi AESA yang diproduksi dilapangan sambil memenuhi persyaratan ukuran, berat, daya dan pendinginan saat ini pada jet tempur F/A-18C/D.

Radar APG-83 SABR dipasang pada F/A-18C Hornet Korps Marinir AS © Northrop Grumman

“Kami telah membuktikan bahwa radar APG-83 SABR produksi kami cocok dengan F/A-18C/D, mencapai tujuan dan membawa kematangan teknis yang diperlukan untuk mencapai tenggat waktu penyisipan armada Korps Marinir AS”, sebut Simer.

APG-83 adalah radar kendali tembak AESA yang multifungsi dan mampu memberikan kapasitas jet tempur generasi kelima untuk melawan dan mengalahkan ancaman yang semakin canggih.

Northrop Grumman bersaing untuk menggantikan radar mekanis pada F/A-18C/D dengan radar AESA. Korps Marinir telah berencana untuk mengupgade radar pada sekitar 100 unit jet tempur F/A-18C/D. Radar APG-83 SABR tersebut ditujukan pada kelangsungan hidup, keandalan dan pemeliharaan untuk Korps Marinir AS.

Northrop Grumman adalah sebuah perusahaan keamanan global terkemuka yang menyediakan sistem, produk dan solusi inovatif dalam sistem otonom, siber, C4ISR, ruang angkasa, serangan dan logistik serta modernisasi untuk pelanggan di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *