Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Trump Tunda Pengiriman F-35 Turki

Militer.or.id – Trump Tunda Pengiriman F-35 Turki.

Jet F-35 (U.S. Air Force, Staff Sgt. Marcy Copeland, via commons.wikipedia.org)

Militer.or.id – Turki telah membuat pesanan untuk 30 Jet tempur F-35A buatan AS, dan bermaksud untuk memesan 70 lebih sebagai bagian dari proyek Joint Strike Fighter (JSF), yang melibatkan 10 negara yang diproduksi menjadi berbagai versi pesawat.

Pada hari Minggu 12-8-2019, Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang kebijakan, menunda pengiriman jet F-35 ke Ankara sehingga meningkatkan ketegangan dengan sekutu NATO Washington, ujar laporan Harian Turki Hurriyet dan majalah berita AS Foreign Policy, dirilis Sputniknews.com, 14/8/2018.

Undang-undang baru melarang penjualan pesawat siluman generasi kelima dan menunggu laporan Pentagon tentang risiko rencana pembelian sistem pertahanan Rudal S-400 dari Rusia oleh Turki yang dapat mempengaruhi postur ke keamanan AS.

Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA) Amerika Serikat menyediakan sekitar $ 616,9 miliar untuk anggaran dasar Pentagon, $ 21,9 miliar untuk senjata nuklir dan $ 69 miliar untuk pendanaan perang.

Ini juga mengesahkan kenaikan gaji 2,6 persen untuk anggota militer, meningkatkan jajaran layanan militer AS oleh 15.600 pasukan aktif dan menyetujui pembelian 13 kapal perang baru Angkatan Laut dan 77 jet F-35 Joint Strike Fighter.

Ketegangan antara Washington dan Ankara telah meningkat dalam berbagai topik, termasuk Suriah, tawaran Turki untuk membeli sistem pertahanan Rusia, dan kasus pendeta Amerika Andrew Brunson, yang saat ini sedang diadili di Turki atas tuduhan terorisme.

Washington telah berulang kali menyerukan pembebasannya, tetapi Ankara mengatakan keputusan itu sampai ke pengadilan. AS telah menanggapi dengan menjatuhkan sanksi terhadap 2 menteri Turki dan menggandakan tarif pada impor baja dan aluminium dari Turki.

Pada tanggal 18 Juni 2018, Senat AS meloloskan amandemen pada Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional suatu amandemen yang melarang penjualan jet F-35 Joint Strike Fighter ke Turki dan rencana pembelian 2 baterai sistem pertahanan Rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia .

Para pejabat Turki telah menanggapi tekanan Washington dengan mengatakan bahwa Ankara tidak menerima sanksi dari mitra NATO saat membahas pengiriman sistem S-400 Rusia.

Ketika berbicara di Ankara pada 9 April 2018, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Turki tidak akan mundur dari keputusannya untuk membeli sistem Rudal S-400.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *