Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Rusia Luncurkan Sprut-SDM1 Ke Pasar Dunia

Militer.or.id – Rusia Luncurkan Sprut-SDM1 Ke Pasar Dunia.

Sprut-SDM1, tank amfibi ringan buatan Rusia © Rosoboronexport

Militer.or.id – Perusahaan penjual senjata asal Rusia, Rosoboronexport (bagian dari BUMN Rusia, Rostec) pada hari Kamis, 16 Agustus telah meluncurkan tank amfibi ringan Sprut-SDM1 yang dibangun oleh Tractor Plants Concern ke pasar senjata dunia.

“Ini adalah bagian unik dari persenjataan yang tak tertandingi di seluruh dunia. Sprut-SDM1 adalah satu-satunya kendaraan tempur amfibi ringan di kelasnya yang dilengkapi senjata dari tank tempur utama”, kata Direktur Jenderal Rosoboronexport, Alexander Mikheev.

Mikheev menambahkan bahwa kendaraan ini mampu turun dari kapal dan beroperasi siang dan malam di medan yang tak mungkin dilalui oleh kendaraan sejenis lainnya.

Rosoboronexport berharap kendaraan itu akan mendapatkan perhatian dari negara-negara yang memiliki medan yang sulit, seperti rintangan perairan, rawa-rawa atau pegunungan. Secara khusus, sejumlah negara di Asia Tenggara telah menunjukkan minat yang besar terhadap Sprut-SDM1.

“Sprut-SDM1 ini dirancang untuk memberikan dukungan serangan bagi infanteri, melawan target lapis baja, menghancurkan pos-pos pertahanan musuh dan benteng serta melakukan misi pengintaian dan keamanan. Ini dimaksudkan untuk melengkapi Korps Marinir dan unit tank pasukan darat”, tulis Rosoboronexport.

Sprut-SDM1 ini dilengkapi persenjataan yang kuat, sama seperti tank tempur utama termasuk senjata 125 mm, senapan mesin remote control 7,62 mm dan senapan mesin koaksial 7,62-mm.

Kendaraan Sprut-SDM1 juga dilengkapi dengan sistem persenjataan rudal yang mana dirancang untuk melawan target lapis baja, termasuk yang dilengkapi ERA, dengan jarak hingga 5 km.

Sistem kendali tembak digitalnya yang canggih serta otomatis memungkinkan untuk pendeteksian, pengenalan dan penghancuran sasaran, baik saat bergerak dan berhenti, dalam kondisi jarak pandang yang buruk, siang atau malam, menggunakan pembidik terpisah untuk penembak dan komandan.

Tank amfibi ringan Sprut-SDM1 ini menawarkan perlindungan tingkat tinggi untuk kendaraan di kelasnya. Bobotnya yang rendah dan kemampuan untuk menyeberangi perairan memastikan bahwa tingkat kemampuan lintas medan yang tinggi. Mampu bertarung didataran tinggi ataupun iklim tropis yang panas, termasuk menembakkan senjatanya sambil mengapung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *