Calon Pengganti Tornado Jerman Terganjal Oleh Politik AS?

Calon Pengganti Tornado Jerman Terganjal Oleh Politik AS?

Militer.or.id – Calon Pengganti Tornado Jerman Terganjal Oleh Politik AS?.

Jet tempur Eurofighter Typhoon Angkatan Udara Jerman © Tim Felce via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Ketika Jerman merenungkan pengganti yang cocok untuk pesawat berkekuatan nuklir, Tornado, para pejabat pemerintah AS kini mengawasi dengan ketat proses tersebut dan bisa memiliki dampak besar pada opsi akhir Jerman, seperti dilansir dari laman Defense News.

Di antara empat jenis pesawat yang bersaing untuk menggantikan armada Tornado yang berkemampuan nuklir, tiga diantaranya adalah buatan Amerika: Lockheed Martin F-35, serta varian Boeing F-15 dan F-18.

Namun para pejabat di Kementerian Pertahanan Berlin condong ke arah pesawat Eropa, yaitu Eurofighter Typhoon. Itu sebagian besar adalah karena turunan versi yang lebih baik dari pesawat yang ada, dan dikembangkan oleh konsorsium Airbus, Leonardo dan BAE Systems, serta dianggap sebagai batu loncatan ke arah jenis pesawat udara yang benar-benar baru untuk benua Eropa pada tahun 2040.

Politik di seputar proses seleksi membuat kesepakatan itu patut diperhatikan. Di bawah perjanjian NATO, Jerman telah melengkapi armada Tornado-nya dengan opsi nuklir, memungkinkan pesawat-pesawat itu membawa bom atom AS ke arah timur jika terjadi perang besar antara NATO dan bekas Uni Soviet.

Setelah beberapa pengurangan, sekitar 20 bom dari varian B-61 diyakini masih berada di pangkalan udara Büchel, terletak di tepi wilayah Mosel River Wine antara kota Koblenz dan Trier, Jerman.

Pesawat apa pun yang dipilih Jerman untuk menggantikan Tornado yang sudah tua harus dapat melanjutkan peran nuklirnya, pemikiran pemerintah saat ini di sini. Dan itu adalah di mana hal-hal bisa menjadi rumit, karena harus diverifikasi pemerintah AS.

Militer.or.id melaporkan pada bulan Juni bahwa para pejabat Jerman telah mengirim surat ke Washington menanyakan apa yang diperlukan untuk mensertifikasi Eurofighter untuk misi nuklir. Proses tersebut bisa berlangsung antara 5 hingga 10 tahun, berpotensi melemparkan kunci pas besar ke dalam waktu Luftwaffe.

Sementara, proses sertifikasi pada pesawat AS yang akan membawa bom atom AS yang diterbangkan oleh pilot Jerman menjadi preposisi yang lebih sederhana. Bahkan varian F-35 diharapkan menjadi senjata nuklir yang disertifikasi pada awal 2020-an, sedang F-15 dan F-18 sudah dianggap memiliki kapabilitas tersebut.

Pejabat Jerman telah menolak untuk membahas penyelidikan Eurofighter atau apa pun yang terkait dengan kemampuan nuklir dari pesawat penerus Tornado yang diimpikan. Demikian halnya dengan Departemen Pertahanan AS.

“Pemerintah AS telah secara aktif terlibat dengan Kementerian Pertahanan Jerman untuk mengidentifikasi persyaratan program penggantian Tornado”, sebut juru bicara Johnny Michael. Dia menambahkan bahwa status “tinjauan kebijakan” yang sedang berlangsung akan dijaga kerahasiaannya.

“Program penggantian Tornado Jerman adalah keputusan nasional yang berdaulat”, tulis Michael. “Kami percaya bahwa platform udara AS menyediakan pesawat yang tercanggih dan mampu beroperasi secara operasional untuk menjalankan misi mereka”.

Pengumuman pemerintah yang mendukung “perusahaan pertahanan” negaranya sendiri bukanlah hal baru. Namun taktik ini patut dicatat dalam gejolak antara Washington dan Berlin mengenai kebijakan perdagangan dan belanja pertahanan.

Banyak orang di Jerman menganggap perdebatan penggantian Tornado adalah tentang mekanika yang relatif biasa untuk tetap mempertahankan hubungan yang telah berusia beberapa dasawarsa antara Amerika Serikat dan Jerman. Tetapi pada zaman Trump, masalah-masalah ini dapat berubah dengan sangat berbeda, kata Christian Mölling.

“Jika itu semua berhubungan soal teknis, tentu ini tidak akan menjadi masalah”, katanya. “Tapi sekarang semuanya adalah masalah politik antara Jerman dan Amerika Serikat.”

Presiden Trump dikenal karena keinginannya untuk menyuntikkan kalkulus ekonomi ke semua jenis perdebatan kebijakan dan pengaruh AS atas nuklir yang dibawa oleh Jerman mungkin saja berubah menjadi peluang lain untuk meningkatkan profit perusahaan AS. Kepala eksekutif dari dua perusahaan pertahanan AS, Marillyn Hewson untuk Lockheed Martin dan Dennis Muilenburg untuk Boeing, diketahui memiliki hubungan dengan Trump.

Para pemimpin pemerintahan di sini secara tradisional berpegang pada hubungan nuklir trans-atlantik sebagai sarana penting demi menjaga Berlin dimeja dalam hal-hal strategis yang melibatkan aliansi. Tapi ada juga yang percaya perjanjian itu adalah peninggalan misterius Perang Dingin dan bahwa bom atom AS yang ditempatkan di Jerman itu lebih merupakan tanggung jawab dari batasan strategis.

Perdebatan penggantian Tornado yang akan datang dapat sekali lagi membuka celah itu, terutama jika Trump mencoba membuat “kasus bisnis” untuk menguntungkan kontraktor pertahanan AS, kata Mölling.

Ada satu cara untuk menyelesaikan masalah peliknya, yang telah menjadi taktik Jerman selama bertahun-tahun. Dan itupun termasuk menyerap kenaikan harga untuk menjaga Tornado berkemampuan nuklir tetap terbang, meski itu menjadi preposisi yang semakin mahal mengingat usia armada yang ada.

“Tidak harus ada penggantian Tornado nuklir”, kata Karl-Heinz Kamp, presiden Akademi Federal untuk Kebijakan Keamanan, sebuah think tank pemerintah. Dia mencatat bahwa setiap pemerintah Jerman benar-benar menolak publisitas di sekitar calon pengganti pembom nuklir Berlin.

“Itu sebabnya mereka akan terus menerbangkan Tornado, meski dengan label harga dan meskipun telah menanyakan tentang sertifikasi nuklir Eurofighter ke Washington”, kata Kamp.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *