Vietnam Sukses Upgrade PTS-M Dengan Zu-23-2

Militer.or.id – Vietnam Sukses Upgrade PTS-M Dengan Zu-23-2.

Kendaraan angkut amfibi PTS-M Vietnam dilengkapi senjata anti pesawat Zu-23-2 © Dan Nguyen via Bao Dat Viet

Militer.or.id – Militer Vietnam telah berhasil mengupgrade kendaraan PTS-M buatan Soviet yang dirancang khusus untuk penyeberangan sungai. Kendaraan dapat mengangkut peralatan atau personil militer dengan muatan 10 ton di atas air. Versi upgrade dari PTS-M militer Vietnam kini telah dilengkapi dengan ZU-23-2 senjata anti-pesawat, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

PTS-M dapat membawa beban maksimum 5 ton ketika terlibat dalam operasi militer atau 10 ton ketika beroperasi di permukaan air pada jarak kurang dari 3 km. Kapasitas terapung PTS-M sangat besar, hingga 60% ketika membawa muatan 10 ton, kecepatan maksimum di jalan aspal adalah 40 km/jam atau 11 km/jam saat berenang.

HARUS BACA :  Misi Kontingen Garuda Unifil 2017 di Lebanon Berakhir

Dilengkapi mesin diesel berkekuatan 350 tenaga kuda, kemampuan transendental dari PTS-M sangat baik, dapat bermanuver di berbagai medan, dekat dengan sayap untuk memastikan menyeberangi sungai, jembatan, traksi kendaraan pada dua baling-baling mencapai 1.950 kg.

Kendaraan angkut amfibi PTS-M Vietnam sedang diuji © Dan Nguyen via Bao Dat Viet

Kendaraan angkut amfibi PTS-M Vietnam sedang diuji © Dan Nguyen via Bao Dat Viet

Perlengkapan standar pada PTS-M termasuk lampu inframerah untuk penglihatan malam dalam kondisi rendah cahaya, kompas laut untuk berenang, serta peralatan komunikasi dan pengukur radio. Selain itu, pompa dipasang dan digunakan apabila ada air yang masuk.

HARUS BACA :  Ground Training Yonif Para Raider 503 Kostrad
HARUS BACA :  49 Pasukan Marinir Perkuat Pertahanan Lantamal XIII Tarakan

Dengan peralatan tersebut, PTS-M terbukti sangat lemah jika musuh diserang dengan helikopter atau pesawat yang terbang rendah, maka kendaraan menjadi sasaran yang empuk.

Untuk mengatasi situasi semacam ini, maka Vietnam telah mengambil langkah kreatif dengan memasang senjata anti pesawat Zu-23-2 23-mm, selain senapan mesin PKM 7,62 mm atau NSV 12,7 mm NSV yang terintegrasi untuk mempertahankan dirinya melawan infanteri ataupun pesawat musuh yang terbang rendah.

HARUS BACA :  Pengarahan Pangkostrad untuk Pelatih Cakra 5
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

HARUS BACA :  Dua Kapal Perang Korea Selatan Tinggalkan Surabaya

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here