Uji Senjata Tank T-55 Vietnam Yang Baru Di Upgrade

Militer.or.id – Uji Senjata Tank T-55 Vietnam Yang Baru Di Upgrade.

Tank T-55M Vietnam menguji senjata utama di lapangan tembak Cam Lam © Tung Duong via Bao Dat Viet

Militer.or.id – Seperti diketahui, pada era 1990-an, Vietnam telah mempunyai tank tempur utama T-54 dengan teknologi yang disediakan oleh Israel yang disebut sebagai T-54M3, seperti dilansir dari laman Bao Dat Viet.

Tank-tank tersebut dilengkapi dengan senapan elektronik modern, sensor meteorologi terintegrasi, diperkuat lapis baja kapal selam ditambah dengan pelindung ERA atau eksplosive reactive armor di beberapa lokasi kritis, dan yang paling penting adalah penggantian meriam D-10T2S 100 mm dengan meriam M68 105 mm.

HARUS BACA :  Program Columbia-Class Amerika Alami Masalah

Namun, setelah periode evaluasi, ada beberapa kekurangan yang tidak dapat ditiru oleh program, jumlah tank yang diselesaikan sesuai dengan konfigurasi cuma ada satu unit.

Tank tempur utama T-54M3 Vietnam © Tung Duong via Bao Dat Viet

Memanfaatkan pengalaman yang diperoleh dari prototipe T-54M3, maka Z153 Plant dibawah Admnistrasi Pertahanan melakukan program serupa dengan tank T-54/55 serta Tipe 59 dengan konfigurasi serupa T-54M3.

HARUS BACA :  Howitzer Hingga RM-70 Grad di Latihan Rajawali 18 Korps Marinir
HARUS BACA :  8 Wanita Terkenal Yang Tidak Diduga Pernah Menjadi Militer

Perbedaan terbesar antara versi upgradenya adalah tank mempertahankan meriam D-10T2S tetapi tidak dilengkapi perisai panas tambahan untuk menghindari deformasi barel setelah melakukan tembakan, sehingga mampu menghasilkan penembakan yang lebih akurat.

Tank tempur utama T-55M Vietnam di upgrade oleh Z153 Plant © Tung Duong via Bao Dat Viet

Varian tank ini, yang disebut sebagai T-55M, tampaknya dikerahkan dalam jumlah besar untuk memungkinkan penyebaran cepat dari tank T-90S/SK yang lebih baik yang akan diterima oleh Vietnam.

HARUS BACA :  Komandan Korps Marinir Kukuhkan Danpasmar-3

Untuk menilai kualitas hasil kerja, selain menguji daya tahan lapis baja, kemampuan manuver dan uji tembak sangat penting untuk memberikan pandangan yang paling akurat tentang keefektifan dari senjata tersebut.

Baru-baru ini, gambar dari tank T-55M menguji senjata utama di sekolah menembak Cam Lam di provinsi Tam Dao – Vinh Phuc, Vietnam. Diharapkan dalam waktu yang akan datang, modernisasi tank T-54/55 dan Tipe 59 akan dipercepat sehingga tank-tank Vietnam dapat segera dimodernisasi.

Pada saat yang sama, pengalaman yang diperoleh dari upgrade T-54/55 juga dapat diterapkan pada armada tank T-62 untuk membantu misi tempur lebih baik dalam kebutuhan peperangan modern.

HARUS BACA :  Prajurit TNI AL Menerima Pelatihan Force Protection
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Komandan Kapal Perang Korsel Kunjungi KRI REM-331

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here