Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Helikopter TNI Dauphin HR-3601 Onboard KRI -359 di Laut Mediterania

Militer.or.id – Helikopter TNI Dauphin HR-3601 Onboard KRI -359 di Laut Mediterania.

Kapuspen TNI juga mengatakan bahwa baru untuk pertama kalinya TNI melibatkan Helikopter jenis Dauphin AS-365 yang diangkut pesawat cargo cargo Antonov-124 Volga Depnr diterbangkan secara langsung dari Surabaya menuju Beirut Lebanon dalam rangka tugas misi perdamaian PBB.

Lebanon, Jakartagreaer.com – Helikopter TNI Dauphin HR-3601 berhasil onboard pertama kalinya di geladak KRI Usman Harun-359 yang bertugas dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) saat manuver di perairan Laut Mediterania.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, pada Senin 20-8-2018 saat berada di Mako Kodam I/Bukit Barisan,Medan.

Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan bahwa Helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan menuju geladak heli dan berhasil onboard di KRI Usman Harun-359 pada pukul 11.30 waktu setempat dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan tersebut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan bahwa selama penugasan ke depan keberadaan Helikopter TNI Dauphin HR-3601 guna mendukung pelaksanaan tugas Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dengan Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H.,M.Si dan sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Usman Harun-359 yang telah bertugas dalam misi perdamaian PBB sejak bulan Juli 2017 lalu.

Selanjutnya Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menuturkan bahwa Helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan oleh pilot Kapten Laut (P) Muhammad Al-Amin dan Kopilot Kapten Laut (P) Ario Letto Hidayatullah.

Kapuspen TNI juga mengatakan bahwa baru untuk pertama kalinya TNI melibatkan Helikopter jenis Dauphin AS-365 dengan nomor registrasi pesawat HR-3601 yang diangkut pesawat cargo cargo Antonov-124 Volga Depnr diterbangkan secara langsung dari Surabaya menuju Beirut Lebanon dalam rangka tugas misi perdamaian PBB.

“Helikopter jenis Dauphin AS-365 untuk memperkuat tugas dalam misi perdamaian PBB di Lebanon”, tambah Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah.

Lebih lanjut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menambahkan bahwa selama bergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL, Helikopter jenis Dauphin AS-365 HR-3601 akan diawaki oleh 9 crew pesawat terdiri dari 4 pilot dan copilot serta 5 teknisi pesawat yang bertugas mengoperasikan dan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan.

Sembilan orang personel crew Heli yang akan tergabung dalam Satuan Tugas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL bertugas sebagai pilot dan copilot dan teknisi adalah :

  1. Bertugas sebagai pilot dan copilot yakni , Kapten Laut (P) Al-Amin, Kapten Laut (P) Aryo Letto Hidayatullah, Kapten Laut (P) Angga Prasetio, Lettu Laut (P) Yahya Khoibaron Akhwa.
  2. Sedangkan untuk teknisi terdiri dari Letda Laut ( T) Joko Prasetyo W, Serka Mpu Sujono, Sertu MPU Andri Hadi P, Sertu Lpu Lugianto dan Serda Lpu Puguh Ashari.

(Puspen TNI).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *