Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Lockheed Tawarkan F-22 “Hybrid” Kepada USAF

Militer.or.id – Lockheed Tawarkan F-22 “Hybrid” Kepada USAF.

Jet tempur siluman F-35 (atas) dan F-22 (bawah) © US Air Force via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Lockheed Martin secara diam-diam menawarkan varian baru dari F-22 Raptor, yang dilengkapi dengan avionik modern berasal dari F-35 termasuk beberapa perubahan struktural, kepada Angkatan Udara AS (USAF) seperti dilansir dari Defense One.

Ini merupakan salah satu dari beberapa opsi yang diberikan kepada militer AS dan sekutu karena Lockheed mengeksplorasi bagaimana hal itu dapat meningkatkan jet tempur melawan ancaman Rusia dan China yang diantisipasi oleh pejabat militer dalam dekade mendatang, menurut orang-orang yang memiliki pengetahuan langsung tentang rencana tersebut.

“Anda sedang membangun pesawat hibrida”, menurut Letjend (Purn) David Deptula, pensiunan USAF yang menjadi dekan di Institut Mitchell untuk Studi Aerospace. “Ini bukanlah F-22, juga bukan F-35. Itu kombinasi keduanya. Itu semua dapat dilakukan jauh lebih cepat daripada memperkenalkan desain baru”.

Varian baru tersebut mirip dengan yang di tawarkan Lockheed Martin ke Jepang, dimana akan menggabungkan “sistem misi F-35 yang lebih modern dan kemajuan lain dalam lapisan siluman serta hal-hal semacam itu”, menurut seseorang yang akrab dengan proposal tersebut.

“Ada banyak potensi dalam ide ini”, kata Deptula. “Saya tidak menganjurkan bahwa kita melompat ke sana dan melakukannya, tetapi semua dari perspektif Jepang ketika mereka melihat dan bersedia untuk berinvestasi pada alternatif semacam ini untuk membangun pesawat pribumi karena tidak bisa mendapatkan F-22. Ini merupakan langkah cerdas dari mereka”.

Namun juru bicara Lockheed Martin menolak berkomentar tentang proyek tersebut.

Proposal ini menggemakan kembali evolusi akhir 1990-an dari F/A-18 Hornet ke Super Hornet. Dipromosikan sebagai proyek berisiko rendah, F/A-18E/F ternyata membutuhkan desain ulang hampir setiap bagian eksterior. Sayap baru pada awalnya merepotkan, tetapi desain akhirnya terbukti berhasil.

Proposal Lockheed tersebut mencuat ketika Angkatan Udara AS sedang mengevaluasi struktur kekuatannya untuk memenuhi tujuan, misi dan ancaman yang tertuang di Strategi Pertahanan Nasional.

Usulan pasti akan menyalakan kembali perdebatan yang sudah berlangsung lama tentang apakah lebih baik untuk membeli versi upgrade dari pesawat generasi keempat seperti F-15 dan F-16, ataukah saudara-saudara baru mereka yang jauh lebih mahal, sulit dirawat tetapi punya desain modern, pelapis siluman dan elektronik canggih?

Pada bulan Juli 2018, Boeing secara diam-diam mengumumkan versi baru dari F-15 Eagle, yang dijuluki sebagai F-15X, yang dirancang untuk mampu membawa lebih banyak bom, rudal dan perangkat elektronika baru. Tidak seperti F-22 dan F-35, F-15 itu tidak memiliki desain siluman, meskipun para pendukung pesawat mengatakan bahwa peperangan elektronika dan peralatan lainnya dapat mengurangi risiko ditembak jatuh.

Mereka yang menentang pembelian pesawat non-siluman beralasan bahwa “Pasukan Gabungan harus mampu menyerang beragam sasaran yang berada didalam jaringan pertahanan udara dan rudal musuh untuk menghancurkan platform proyeksi kekuatan mobile”.

“Anda tidak akan dapat mengoperasikan pesawat generasi keempat di dalam skenario ancaman tersebut. Langkah ini jelas perlu dilakukan pada pesawat generasi kelima untuk mengeksekusi skenario tersebut”, kata orang yang dekat dengan Lockheed.

Deptula berpendapat bahwa membeli F-22 upgrade memungkinkan bagi militer AS mengambil langkah tambahan sebelum membeli jet tempur generasi keenam yang di rancang ulang secara radikal dengan teknologi yang masih belum terbukti.

“Jika Anda hanya melihat area umum seperti aerodinamis, propulsi, observabilitas rendah, kita masih belum sampai ke titik dimana kita akan dapat mencapai urutan peningkatan besar di salah satu area di luar jajaran F- 22”, kata Deptula.

Angkatan Udara telah menganggarkan ratusan juta dolar guna melihat teknologi pesawat tempur masa depannya. Petugas layanan menyebut bahwa upaya ini sebagai Dominasi Udara Generasi Berikutnya atau Penetrating Counter Air.

Opsi Lainnya

Lockheed juga mengeksplorasi penawaran lain untuk militer AS dan sekutu-sekutunya, termasuk menempatkan teknologi baru seperti energi laser yang diarahkan dan serangan elektronika pada F-16, F-22 dan F-35. Perubahan struktural untuk F-35 juga sedang dieksplorasi.

Penawaran sedang disusun sebagai bagian dari tinjauan internal Lockheed yang melihat cara-cara untuk lebih melengkapi pesawat tempur yang ada dengan teknologi baru yang akan menjadi bagian dari pesawat tempur masa depan.

“Jika militer AS ingin pindah ke pesawat udara dominasi generasi mendatang, ada banyak opsi”, kata orang yang akrab dengan rencana perusahaan tersebut.

Lockheed telah mencari cara memodifikasi F-35. Sumber itu mengatakan rencana baru-baru ini diajukan ke pejabat senior Angkatan Laut AS. Pilihan termasuk upgrade mesin untuk daya dan efisiensi bahan bakar serta perubahan lainnya yang dapat dilakukan tanpa mengubah desain eksterior.

Perusahaan juga mendorong militer untuk membeli lebih banyak jet tempur F-35 sebagai cara untuk memastikan mereka memiliki lebih banyak pesawat siluman pada dekade mendatang. Dan berdasarkan rencana saat ini, USAF pada tahun 2030 akan memiliki 1.000 pesawat generasi kelima F-35 dan F-22 serta 1.000 pesawat generasi keempat F-15 dan F-16.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *