Macron: Eropa-Rusia Perlu Kerjasama Bangun Postur Keamanan Baru

Macron: Eropa-Rusia Perlu Kerjasama Bangun Postur Keamanan Baru

Militer.or.id – Macron: Eropa-Rusia Perlu Kerjasama Bangun Postur Keamanan Baru.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron © Remi Jouan via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Negara-negara Uni Eropa harus membangun postur keamanan baru di benua itu bersama-sama dengan Rusia, kata Presiden Prancis Emmanuel Macron selama konferensi pers bersama dengan mitranya dari Finlandia, Sauli Niinisto pada hari Kamis.

“Kami membahas banyak masalah, termasuk hubungan trans-Atlantik, termasuk hubungan dengan Rusia”, kata Macron.

Seperti dilansir dari TASS, Presiden Prancis menekankan upaya mempertahankan independensi keamanan Eropa dari Amerika Serikat seraya mengatakan, “Uni Eropa harus memikirkan untuk menciptakan arsitektur keamanan baru bersama-sama dengan Rusia”.

“Kita ingin Eropa memiliki otonomi strategis dan pertahanan untuk membangun kembali postur keamanan Eropa dalam arti yang luas, seperti yang saya katakan beberapa bulan lalu di St. Petersburg dan ada kebutuhan untuk mempertimbangkan kembali hubungan kita dengan Rusia”, katanya.

Macron manambahkan, bahwa Eropa sudah tidak dapat bersandar pada Amerika Serikat untuk menjamin keamanannya, mengingat perimbangan dan sikap AS telah berubah. Oleh karenanya, Eropa harus mengambil sikap yang tepat.

“Eropa harus membangun postur keamanannya dengan kekuatan yang ada di perbatasannya dan negara-negara besar, yang berbagi sejarah dengan kita”, kata pemimpin Prancis itu.

Hubungan Eropa dan Amerika Serikat semakin memburuk sejak berkuasanya Presiden Donald Trump, menyebabkan munculnya sejumlah masalah seperti keluarnya Amerika dari Rencana Aksi Bersama Komprehensif, Kesepakatan Iklim Paris dan perselisihan soal pendanaan NATO termasuk dengan tarif bea masuk antara Uni Eropa dan AS.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *