KGNC Rusia Pamerkan Rancangan Kapal Induk Ringan

Militer.or.id – KGNC Rusia Pamerkan Rancangan Kapal Induk Ringan.

Desain kapal induk ringan Rusia © KGNC via Navy Recognition

Militer.or.id – Pusat Penelitian Negara Krylov (KGNC) telah mempresentasikan model kapal induk multi-peran ringan dalam Forum Militer-Teknis Army-2018 untuk pertama kalinya. Desain itu dipajang pada stan pameran Krylov, seperti diwartakan oleh Navy Recognition.

“Kapal induk multi-peran ringan ini dirancang untuk memastikan keberlangsungan tempur armada pasukan dan senjata yang terlibat dalam lingkungan permusuhan di perairan biru dan hijau dengan memenuhi tugas pertahanan anti-pesawat dan anti-rudal serta dengan menghancurkan target udara, permukaan, bawah laut dan darat”, menurut brosur KGCN.

Kapal induk ringan memiliki bobot standar 37.000 ton, bobot normal 40.500 ton dan bobot maksimum 44.000 ton. Panjangnya adalah sekitar 304 meter. Panjang pada desain waterline adalah 260 meter. Lebar 78 meter. Lebar pada garis air desain adalah 38 meter dan kecepatan penuh 28 knot dengan kecepatan jelajah sekitar 16 knot.

Kapal induk ringan ini mampu membawa hingga 46 pesawat, termasuk 12-14 Su-33 dan 12-14 MiG-29K/KUB © KGNC via Navy Recognition

Jarak tempuh pada kecepatan 16 knot adalah 8.000 mil. Kapal induk ringan memiliki navigasi otonom pada persediaan makanan selama 60 hari. Keelokan penerbangan hingga 7 poin. Tenaga propulsi utama terdiri dari turbin gas dua poros dengan penggerak listrik parsial. Kapasitasnya adalah 81.000 KWT atau 110.000 tenaga kuda. Sistem tenaga listrik terdiri dari 3 pembangkit listrik dengan kapasitas total 32 MW (6,3 kW/50Hz).

HARUS BACA :  Menhan Rusia: F-22 AS Kawal Bomber Tu-95 di Arktik
HARUS BACA :  Prototipe Medium Tank Pindad – FNSS Tiba 23 September

Senjata yang diangkut di kapal mencakup empat sistem rudal/artileri anti-pesawat Pantsyr-ME dengan unit deteksi target. Paket sistem terdiri dari 4 peluncur torpedo 324 mm, memastikan perlindungan kapal induk ringan terhadap torpedo musuh. Empat peluncur bom yang dibantu roket serta sistem peperangan elektronika aktif dan pasif dapat dikerahkan di atas kapal.

Kapal induk ringan dilengkapi dengan 4 unit Pantsir-ME © KGNC via Navy Recognition

Kapal induk ringan dirancang untuk membawa 46 pesawat terbang, termasuk 12-14 Su-33 dan 12-14 MiG-29K/KUB, 4 pesawat AEW&C, 12-14 helikopter Kamov Ka-27. Stok senjata yang diluncurkan dari udara hingga 600 ton dan bahan bakar hingga 2.000 ton.

HARUS BACA :  Turki Ajak RI Bikin Kapal Selam Type 214 dan UAV

Krylov State Research Center juga mempresentasikan proyek untuk kapal induk bertenaga nuklir yaitu Proyek 23000E (Storm) dengan bobot 95.000 hingga 100.000 ton yang mampu membawa pesawat udara antara 80 – 90 unit.

HARUS BACA :  BAE System Tawarkan Kredit Typhoon kepada Malaysia
Rendy Raditya
Rendy Raditya
Menyebarkan berita berita Militer Indonesia dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Latest articles

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal

Diremajakan Jadi Destroyer, AL Australia Pensiunkan Fregat Berudal - Militer.or.id. Angkatan Laut Australia alias Royal Australian Navy telah mengadakan upacara pelepasan dua kapal perangnya...

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus – Suriah – Irak

Misi Operasional Pertama F-35 Inggris : Mondar Mandir Siprus - Suriah - Irak - Militer.or.id. Pejabat kementerian pertahanan Inggris mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur terbaru...

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi

Pesawat Angkatan Udara India Jatuh Lagi - Militer.or.id. Sebuah pesawat angkut militer milik Angkatan Udara India dilaporkan hilang dengan 13 awak dan penumpang diatasnya....

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi

Bermasalah Terus, Serah Terima Kapal Selam Nuklir Yasen-M Rusia Mundur Lagi - Militer.or.id. Untuk ke sekian kalinya, penyerahan kapal selam nuklir project 885-M Yasen...
44.1k Followers
Follow

Related articles

HARUS BACA :  Thai Navy Evaluates Upgraded V-150 Armoured Vehicle

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here