Rudal Jelajah Supersonik Kh-31 Rusia vs Sistem Tempur Aegis Amerika Serikat

Rudal Jelajah Supersonik Kh-31 Rusia vs Sistem Tempur Aegis Amerika Serikat

Militer.or.id – Angkatan Laut Rusia akan mengerahkan jet tempur Sukhoi Su-30SM (Flanker-H) ke dalam Armada Baltik-nya pada tahun ini.

Jet tempur lintas peran tersebut akan dipersenjatai dengan rudal jelajah anti kapal Kh-31 dengan kecepatan supersonik yang mampu menembus air. Su-30SM tentunya akan meningkatkan keunggulan maritim Rusia secara signifikan untuk memblokir akses musuh di wilayah tersebut.

Selain menuju Armada Baltik, Moskow juga akan mengerahkan jet tempur tersebut ke fasilitas Severomorsk-3. Disana, Su-30SM akan bertugas untuk mengamankan sektor udara manakala kapal-kapal maritim Rusia beroperasi di Laut Barents di Kutub Utara.

“Beberapa unit tambahan akan ditempatkan di regu udara Armada Laut Baltik, sesuai dengan kontrak pertahanan pemerintah di tahun 2017,” tulis pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip oleh kantor berita TASS. Unit Su-30SM perdana sudah diterjunkan ke Pangkalan Chernyakhovsk di Kaliningrad pada 8 Desember silam.

Varian rudal AAM Kh-31 yang disematkan pada Su-30SM milik AL Rusia memiliki jarak tempuh sejauh 120 mil (190 km) dengan kecepatan 3,5 Mach (4320 km/jam). Corong berita pemerintah Rusia, Izvestia berkali-kali menggembor-gemborkan kekuatan Kh-31 dalam tajuk beritanya. “Satu buah rudal (Kh-31) dijamin akan meluluhlantakkan kapal jelajah rudal kelas Ticonderoga yang saat ini bertugas di US Navy,” ujar kolumnis berita Izvestia, Alex Ramm.

Pages: 1 2

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *