Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Inikah Proyek Pencegat Siluman MiG-41 Rusia?

Militer.or.id – Inikah Proyek Pencegat Siluman MiG-41 Rusia?.

Ilustrasi wujud dari jet pencegat siluman, MiG-41 Rusia © Alexander Yartsev via South Front

Militer.or.id – Jet pencegat tempur supersonik MiG-31 Rusia yang telah dikembangkan pada tahun 1970-an dan memasuki dalam layanan Angkatan Udara Rusia (Uni Soviet – dulu) pada tahun 1980-an,  akan segera diganti oleh penerusnya, menurut South Front.

Peran pencegat tempur MiG-31 Rusia adalah deteksi dan penghancuran rudal balistik, rudal jelajah, berbagai pesawat, mulai dari UAV terbang rendah hingga satelit di orbit rendah.

Meskipun pencegat supersonik dikembangkan lebih dari 40 tahun lalu dan merupakan pesawat tempur generasi ke-4, namun persenjataanya diduga mampu menyerang pejuang generasi ke-5 Amerika, termasuk F-35. Jet tempur MiG-31 dapat menembak jatuh target udara dengan kecepatan hingga 5 mach, yang dapat terdeteksi pada jarak 280 kilometer, berkat radar array bertahap, yang tidak dimiliki satu pesawat pun di awal abad ini.

Interceptor (pencegat) membawa antara 5 – 9 ton muatan dalam gudang persenjataan termasuk berbagai jenis amunisi rudal jarak jauh, yang mampu menyerang sendiri, tanpa memerlukan penanda target eksternal.

Jet pencegat tempur supersonik, MiG-31K Angkatan Udara Rusia membawa rudal jelajah Kinzhal © Alexander Kazakov via Izvestia

MiG-31 yang disebut NATO sebagai Foxhound itu dapat berperan sebagai pos komando terbang, kecanggihan upgrade varian “I” pada MiG-31I (Ishim) digadang mampu melihat satelit berukuran kecil dengan berat maksimum 160 kg pada ketinggian hingga 600 Km.

Pada awal tahun 2017, wakil presiden United Aircraft Corporation (UAC) Rusia, Sergei Korotkov mengatakan kepada para wartawan bahwa pengembangan pesawat pencegat MiG-41 berlanjut.

Menurut dia, itu akan menjadi mesin generasi baru, yang akan menggantikan jet tempur interseptor MiG-31 Foxhound. Korotkov juga menyebutkan bahwa perancang Biro Desain Khusus Mikoyan serta perwakilan perusahaan pertahanan lain turut ambil bagian dalam penciptaan jet pencegat tempur baru.

Sebelumnya, komandan Angkatan Udara Rusia Viktor Bondarev mendapatkan informasi tentang sebuah proyek Advanced Aviation Complex, Long-Range Interception (AAC-LI) dari MiG-41.

Ilustrasi sepasang jet pencegat siluman MiG-41 Rusia beraksi © Alexander Yartsev via South Front

Bondarev menyatakan bahwa pengembangan jet pencegat tempur baru tersebut secara aktif sedang dikejar dalam penelitian ilmiah, dan pada tahun 2017 diharapkan memulai pengerjaan prototipe. Komandan Angkatan Udara Rusia mengatakan kepada wartawan bahwa pengenalan pesawat terbang ke dalam layanan direncanakan tahun 2025.

Sejauh ini, hampir tidak ada yang tahu tentang mesin ini, kita tidak tahu karakteristik atau rincian penampilan eksternal dari pesawat ini. Hanya ada sketsa dari prototipe yang tersedia secara online. Kami hanya dapat berspekulasi tentang kisaran dan karakteristik kecepatan.

Untuk membuat konsep mesin, seseorang harus memahami tugas-tugas apa yang akan dilakukan jet pencegat tempur baru dan sistem persenjatan yang akan diusungnya.

Kemungkinan besar pesawat tersebut akan diuji pada tahun 2020, sementara itu MiG-31 masih berhasil mengatasi tugas-tugasnya saat ini dan tidak akan menjadi usang sebelum awal 2030-an.

Jet tempur siluman Su-57 buatan Rusia © Kemhan Rusia

Jet tempur generasi kelima baru yang dikembangkan secara terpisah dari proyek AAC-LI adalah T-50, sekarang dikenal sebagai Sukhoi Su-57, itu bukanlah pesaingnya dan akan memenuhi tugas yang sama sekali berbeda.

Memiliki kemampuan manuver yang tinggi atau pencegat siluman taktis untuk MiG-41 sebenarnya tidaklah benar-benar diperlukan, namun kecepatan dan ketinggian ultra-tinggi. Pada dasarnya senjata baru dan radar on-board yang ditingkatkan adalah yang paling dibutuhkan untuk menghancurkan target ultra-cepat di ketinggian tinggi.

Jika ditarik secara paralel dari MiG-31 Foxhound, maka tampilan pejuang akan berubah menjadi pencegat siluman yang lebih besar. Peralatan perang bisa ditempatkan di dalam. Kanon kemungkinan besar akan dibuang, sebab menjadi tidak efektif untuk pesawat ini.

Salah satu ancaman besar bagi Rusia di masa mendatang kemungkinan adalah pesawat hipersonik militer, yang saat ini sedang aktif dikembangkan di Amerika Serikat. Proyek pesawat hipersonik Boeing X-51 Waverider,yang dikembangkan untuk strategi “Prompt Global Strike”, dapat digunakan sebagai contoh.

X-51 Waverider, konsep pesawat hipersonik buatan Boeing © USAF via Wikimedia Commons

Kecepatannya, menurut lembar fakta bisa mencapai 6.000 – 7.000 km per jam. Sistem persenjataan seperti itu mampu menjadi ancaman strategis, karena itu tak memerlukan hulu ledak nuklir. Misil jenis ini dapat menyerang target musuh karena energi kinetiknya yang luar biasa. Kecepatan terbang yang sangat besar membuat intersepsi target semacam itu cukup menakutkan.

Namun, kemampuan rudal X-51 Waverider buatan Boeing itu masih kalah sakti dengan Kh-47M2 Kinzhal, rudal jelajah jarak ekstra jauh ini dapat menjangkau hingga 2.000 km lebih serta memiliki kecepatan 10 mach. Kinzhal juga memiliki kemampuan nuklir. Saat ini Rusia mulai mengintegrasikan Kinzhal pada jet pencegat tempur MiG-31K.

Selain itu, rudal baru RVV-BD buatan Rusia sedang dikembangkan berbasis rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37, dengan sistem pendorong roket propelan padat ganda memiliki jangkauan hingga 300 km. Fitur yang khas adalah kepala aktif homing, sistem kendali inersia presisi tinggi menggunakan gyro-laser, garis kontrol radio yang memungkinkan pesawat untuk memperbaiki koordinat target dengan tujuan untuk mengalahkan musuh dari jangkauan maksimum.

Rudal udara-ke-udara jarak jauh KS-172 “AWACS Killer” buatan Rusia © South Front

Selain rudal ini, rudal udara-ke-udara jarak jauh KS-172 dikembangkan. Basis dari rudal itu diambil dari rudal 9M83 yang telah terbukti dari sistem pertahanan udara berbasis darat S-300V.

Meskipun kecepatan sasaran yang ditargetkan untuk rudal tersebut adalah 3,3 mach, tapi keunggulannya adalah jarak jauh, karena bisa menghantam sasaran sejauh 400km dan bisa menangani hingga 12 target.

Pada pertengahan 80-an, Uni Soviet sedang mengembangkan dan bereksperimen dengan modifikasi “D” dari jet pencegat tempur Mig-31, yang dipersenjatai rudal anti-satelit yang kompleks, yakni 79M6 Contact, namun tidak jadi diadopsi, karena ketegangan dunia telah mereda dan Moskow mencapai kesepakatan dengan Washington untuk menutup program tersebut.

Amerika Serikat ketakutan dengan perkembangan terbaru Soviet dalam sistem tersebut sehingga sebagai imbalan pembatalan program MiG-31D, sistem yang sama ASM-135 ASAT (Air Launched Anti-Satellite) buatan AS hanya diuji dan tidak digunakan.

Rudal anti satelit ASM-135 ASAT buatan AS © Lorax via Wikimedia Commons

Mengingat fakta bahwa Amerika Serikat saat ini dapat mengesampingkan komitmen sebelumnya, Federasi Rusia pun dapat melanjutkan pengembangan senjata jenis ini berdasarkan pada basis dan fundamental teknologi baru.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *