L-15 China Ini Segera Menyebar Ke Afrika dan Amerika Latin

L-15 China Ini Segera Menyebar Ke Afrika dan Amerika Latin

Militer.or.id – L-15 China Ini Segera Menyebar Ke Afrika dan Amerika Latin.

Jet pelatih tempur ringan Hongdu L-15 “Falcon” buatan China © www.airliners.net via Wikimedia Commons

Militer.or.id – Menerbangkan jet tempur berkinerja tinggi adalah keterampilan yang menuntut kesiapan fisik dan mental serta membutuhkan banyak latihan, namun setiap jam terbang dapat menghabiskan biaya ratusan juta rupiah untuk bahan bakar dan pemeliharaan.

Itulah sebabnya angkatan udara menggunakan Lead-In Fighter Trainers (LIFT) yang lebih ringan dan lebih mudah ditangani untuk memberi para pilot kesempatan untuk mengakumulasi pengalaman di kehidupan nyata dengan pesawat supersonik, manuver tempur udara dan juga peluncuran senjata sebelum mereka mengambil tuas kemudi jet tempur berperforma-tinggi.

Menurut Sebastian Roblin dalam artikel di National Interest, jet pelatih tingkat lanjut seperti T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan cukup mampu menangani tugas-tugas tempur dasar dari konflik berintensitas tinggi namun masalahnya adalah bahwa biaya operasionalnya setengah hingga sepertiga dari harga pesawat tempur baru.

Jet tempur ringan FA-50PH Angkatan Udara Filipina © Roy Kabanlit via Wikimedia Commons

Misalnya, pelatih tempur FA-50 Filipina dan Alpha Jet Nigeria telah memainkan peran utama dalam memerangi pemberontakan brutal pada tahun 2017, meskipun keduanya terlibat dalam insiden pertempuran yang saudara yang tragis.

Angkatan Udara AS sedang mencari untuk membeli 350 jet LIFT baru setelah kompetisi TX dan sedang mengevaluasi beberapa desain dengan biaya antara US $ 30 – 40 juta per unit pesawat. Namun, China secara bertahap telah menempatkan LIFT dalam layanan, dengan biaya hanya US $ 10 – 15 juta, yang telah menarik minat dari negara-negara di Afrika dan Amerika Latin.

Dibangun oleh Hongdu di Nanchang, China, desain L-15 Falcon merupakan perkawinan antara Super Hornet dan F-16 yang sangat terkenal. Dengan 2 mesin turbofan AL-222 buatan Ukraina, Falcon memberikan pelatih dan instruktur cadangan bila satu mesin gagal, sementara tampilan multi-fungsi ditampilkan di ‘kaca kokpit’ dan kontrol hands-on-throttle-and-stick memberikan kesempatan kepada para peserta pelatihan untuk bekerja dengan jenis instrumen yang khas untuk jet tempur generasi keempat.

Pesawat serang ringan supersonik Hongdu L-15 Falcon © Xu Zheng via Wikimedia Commons

Tepi dibagian depan sayap L-15 Falcon telah diperpanjang dan toleransi G-load cukup tinggi, sebesar 8,5 yang memungkinkannya untuk melakukan manuver yang ketat dan mencapai sudut serangan tinggi hingga 30 derajat di atas vektor pesawat.

Kontrol quadruple-redundan fly-by-wire pada tiga axis memungkinkan manuver yang tepat. Ciri-ciri ini digunakan untuk menyiapkan pilot bagi keluarga jet tempur multi-peran Flanker yang sangat supermanuver bermesin ganda yang dioperasikan Angkatan Udara dan Angkatan Laut China.

Prototipe L-15 pertama terbang pada bulan Maret 2006 dan memasuki layanan dalam jumlah terbatas pada tahun 2013 sebagai Jet Pelatih Lanjutan subsonik yang ditunjuk sebagai JL-10. Model dasar ini memiliki enam cantelan untuk membawa bom, roket dan rudal udara-ke-udara jarak pendek, namun belum memiliki radar untuk menargetkan amunisi jarak jauh.

Radar PESA yang dipasang pada jet pelatih tempur Hongdu L-15 Falcon buatan China © Thai Military and Asian Region

Namun, Hongdu kemudian memamerkan varian supersonik L-15B dengan mesin afterburning turbofans, memungkinkan mencapai kecepatan hingga 1.4 Mach.

Hongdu L-15B Facon juga memiliki hidung yang diperpanjang untuk mengakomodasi radar PESA yang memiliki jangkauan deteksi lebih dari 100 km yang dapat memindai semua jenis target baik udara dan permukaan. Penerima Peringatan Radar yang ditambahkan di ekor L-15 ini memberikannya kesempatan untuk menghindari serangan rudal, sementara antena IFF dapat membantu menghindari insiden salah sasaran.

L-15B juga memiliki kapasitas muatan yang ditingkatkan menjadi hampir 4 ton senjata yang dimuat pada sembilan cantelan: enam dibawah sayap, satu tiang perut dan dua di ujung sayap. Kursi instruktur bahkan bisa digunakan oleh Petugas Sistem Senjata untuk mengelola senjata berpemandu.

Salah satu foto menunjukkan L-15 membawa kanon 23 mm pada pod yang dipasang dibawah perut, rudal udara-ke-udara pencari panas PL-5E dengan jangkauan setara AA-2 dan Sidewinder, bom dipandu laser LT-2, dan bom dipandu LS-6 GPS dengan sayap lipat yang memungkinkan untuk meluncur ke target hingga 60 km jauhnya. Dilaporkan, bahwa L-15 Falcon bisa dipersenjatai dengan rudal yang lebih modern seperti rudal jarak dekat PL-10 dan rudal BVR PL-12 (100 km) termasuk amunisi udara-ke-darat lainnya.

L-15B bahkan dapat membawa pod jammer untuk bertugas sebagai jet pernika dengan harga miring. Secara teori ini dapat terbang hingga 16.000 m dan memiliki jangkauan jelajah hingga 3.100 km, namun dalam konfigurasi tempur, radius efektifnya berkurang menjadi hanya 550 km saja.

Tentu saja, L-15B yang kecil tidak mengutamakan kecepatan, pertahanan, sensor serta daya angkut serupa jet tempur multi-peran generasi keempat seperti F-16 atau Su-35. Namun bagi negara-negara berkembang yang tidak berharap untuk melawan kekuatan militer besar, jet seperti Falcon dapat melakukan pertahanan udara dasar dan sebagai misi serangan darat presisi, semua bisa dieroleh dari platform yang lebih murah, lebih mudah untuk dipelihara, dan dapat digunakan untuk melatih pilot.

Pesawat jet latih transonik Alenia Aermacchi M-346 Master, basis pengembangan T-346A Angkatan Udara Italia. © Ronnie Macdonald (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Angkatan Udara Zambia atau Zambian Air Force sejauh ini telah mengakuisisi 6 unit jet tempur ringan L-15Z untuk skuadron No.15 senilai $ 100 juta, ditambah simulator dan berbagai persenjataan yang dipandu.

Pada tahun 2015, Laksamana Venezuela Carmen Mirandez mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi antara 12 – 24 jet tempur ringan L-15 guna membantu transisi pilot yang ada ke Su-30MK2 dan F-16. Namun, akibat krisis, akhirnya Caracas pun menunda kesepakatan itu.

Angkatan Udara Uruguay juga telah menyatakan minatnya untuk mengakuisisi 8 unit L-15 untuk mengganti pesawat Capung A-37B, salah satunya mengalami kecelakaan di tahun 2016. Pakistan, sekutu dekat China, adalah operator potensial lain dari L-15B, tetapi ini akan bersaing dengan rencana untuk membeli jet kursi tandem JF-17B, yang merupakan hasil kolaborasi antara Pakistan-China.

Sementara itu, hingga saat ini China diperkirakan memiliki antara 130 – 150 L-15 dalam sembilan skuadron, yang sebagian besar mungkin varian subsonik L-15A. Secara umum, pilot pesawat tempur Tiongkok memiliki jam terbang yang lumayan namun tidak punya pelatihan dibawah situasi tempur sesungguhnya yang memadai

Terbang perdana pesawat latih canggih, Boeing T-X © Boeing.com

Pasar untuk pesawat pelatih/pesawat serang ringan relatif ramai dengan pesaing seperti Yak-130 Rusia, MB-346 Italia, subsonik K-8 China, T-50 Golden Eagle Korsel atau pun mungkin saja Boeing TX Amerika.

Masih terlalu dini untuk mengetahui apakah L-15 dan JL-9 akan dapat membuktikan keberhasilan ekspor utama, tetapi penjualan pelatih/pejuang supersonik murah dapat menjadi penanda yang menarik dari meluasnya pengaruh Beijing di Afrika, Asia dan Amerika Latin dalam beberapa tahun ke mendatang.

Spesifikasi Hongdu L15 Falcon
Karakteristik umum

  • Kru: 2 orang
  • Panjang: 12,27 m (40.256 kaki)
  • Lebar sayap: 9,48 m (31,1 kaki)
  • Tinggi: 4,81 m (15,78 kaki)
  • Berat kosong: 4.500 kg (9.920 pon)
  • Bobot terisi: 6.500 kg (14.300 pon)
  • Berat maksimum lepas landas: 9.500 kg (20.900 pon)
  • Powerplant:
    2 x Ivchenko Progress AI-222K-25 untuk model AJT
    2 x Ivchenko Progress AI-222K-25F afterburning turbofan untuk model LIFT

Kinerja (Performa)

  • Kecepatan maksimum: 1,4 Mach (924,1 mph atau 1.728 km/jam)
  • Radius tempur: > 550 km
  • Jangkauan feri: 3.100 km (1.926 mil)
  • Layanan ketinggian: 16.000 meter (52.500 kaki)
  • Kecepatan mendaki: > 720 km/jam (dengan afterburning)

Avionik

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *