Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

AS Tolak Sahkan Pesawat Rusia Inspeksi Perjanjian Open Skies

Militer.or.id – AS Tolak Sahkan Pesawat Rusia Inspeksi Perjanjian Open Skies.

A Russian Air Force Tupolev Tu-214ON. (Oleg Belyakov via commons.wikimedia.org)

Moskow, Militer.or.id  –  Rusia mencari penjelasan dari pihak AS atas penolakannya untuk mengesahkan pesawat pengintai Tu-214ON Rusia yang canggih untuk inspeksi di bawah Perjanjian Open Skies, Kepala Pusat Pengurangan Resiko Nuklir Rusia Sergei Ryzhkov mengatakan kepada surat kabar Krasnaya Zvezda pada hari Rabu 12-9-2018, dirilis TASS.

“Dalam pelanggaran ketentuan Perjanjian Open Skies, ketua delegasi AS menolak menandatangani dokumen akhir, tanpa memberikan penjelasan atau alasan, dan mengutip instruksi langsung dari Washington,” katanya. “Kami bersikeras bahwa pihak AS kembali ke kerangka Perjanjian Open Skies dan menuntut agar situasi saat ini dijelaskan dengan mengacu pada ketentuan perjanjian itu.”

Pejabat Rusia juga menegaskan bahwa Rusia “tetap berkomitmen pada Perjanjian Open Skies, landasan keamanan Eropa.”

Menurut Krasnaya Zvezda, kertas resmi Kementerian Pertahanan Rusia, total ada 72 ahli dari 23 negara mengunjungi lapangan udara Kubinka Rusia dekat Moskow pada 2-11 September 2018 untuk mengesahkan pesawat Tupolev Tu-214ON canggih dengan peralatan observasi digital buatan Rusia untuk pemeriksaan di bawah Perjanjian Open Skies. Ketua semua delegasi, kecuali AS, menegaskan kepatuhan penuh pesawat itu dengan ketentuan Perjanjian Open Skies dan menandatangani dokumen yang mengotorisasi penerbangan observasi pesawat di atas wilayah penandatangan perjanjian.

“Dengan menolak untuk mengesahkan pesawat Rusia untuk penerbangan observasi, pihak AS telah sekali lagi menunjukkan kepada negara-negara lain yang berpartisipasi dalam proses sertifikasi yang menempatkan masalah politik di atas kepatuhan pesawat sesuai ketentuan perjanjian. Badan-badan pemerintah AS tidak dapat mentolerir Fakta bahwa Amerika Serikat tertinggal lebih dari 5-7 tahun ketika Rusia merancang pesawat pengintai modern dan dilengkapi dengan peralatan digital yang diproduksi di dalam negeri, “kata Ryzhkov.

Treaty on Open Skies ditandatangani pada tahun 1992 dan mulai berlaku pada tahun 2002. Saat ini memiliki 34 negara anggota. Perjanjian itu menetapkan program penerbangan pengawasan udara tak bersenjata di seluruh wilayah para pesertanya. Penerbangan pengamatan dilakukan di wilayah Amerika Serikat, Kanada, negara-negara Eropa, dan Rusia.

Tujuan utama perjanjian ini adalah untuk mengembangkan transparansi, memberikan bantuan dalam memantau kepatuhan terhadap perjanjian kontrol senjata yang ada atau di masa depan, memperluas kemungkinan untuk mencegah krisis dan mengelola situasi krisis dalam lingkup Konferensi Keamanan dan Kerjasama di Eropa dan internasional terkait lainnya. organisasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *