Rusia Berhasil Mengujicoba Rudal Balistik Antar Benua Topol-M

Rusia Berhasil Mengujicoba Rudal Balistik Antar Benua Topol-M
Topol-M ICBM versi gesit milik Rusia. Sumber: RT

Rudal ICBM Topol-M yang diberi kode nama SS-27 oleh NATO ini memiliki hulu ledak tunggal. Topol-M adalah versi pembaharuan dari rudal RS-12M Topol. Rudal Topol-M dikembangkan untuk mengadopsi teknologi tiga tahapan peluncuran, bahan bakar padat, dan basis peluncuran silo. Kemudian, pada akhir 1980-an, Insitut Teknologi Termal Moskow (MITT) memodifikasi rudal ini agar dapat diluncurkan secara gesit.

Peluncuran rudal Topol-M pertama kali diujicoba pada Desember 1994. Versi modifikasinya kemudian ditugaskan secara aktif di Angkatan Bersenjata Rusia pada tahun 2000.

Rudal balistik antar benua tersebut memiliki jarak tembak maksimum sejauh 6850 mil (11.000 kilometer) dan mampu mengangkut hulu ledak nuklir dengan potensi ledakan sedahsyat 550 kiloton. Rudal ini bisa diluncurkan baik dari ruang tertutup maupun secara gesit dengan memanfaatkan kendaraan angkut berat.

Pages: 1 2

author
NKRI adalah harga mati! Demikian menjadi prinsip hidup penulis lepas ini. Berminat terhadap segala macam teknologi militer sejak kelas 5 SD, ketika melihat pameran Indonesian Air Show 1996.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *