Militer.or.id : Berita Militer Indonesia dan Dunia

Netanyahu Segera Temui Putin Bahas Keamanan di Suriah – Militer.or.id

Militer.or.id – Netanyahu Segera Temui Putin Bahas Keamanan di Suriah – Militer.or.id.

S-300 Rusia. (Russian Ministry of Defence)

Jerusalem – Militer.or.id – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Minggu, 7/10/2018 mengatakan ia akan segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membicarakan koordinasi keamanan di Suriah, di tengah gesekan dengan Rusia menyangkut operasi udara Israel, dirilis Antara.

Netanyahu mengumumkan rencana itu dalam sidang kabinet. Namun, ia tidak menyebutkan secara pasti tanggal pertemuannya dengan Putin.

Rusia pada Selasa, 2/10/2018 mengatakan meningkatkan pertahanan udara Suriah dengan sistem peluru kendali S-300.

Sebelumnya, Rusia beranggapan bahwa Israel bertanggung jawab secara tidak langsung atas jatuhnya pesawat Rusia oleh pasukan Suriah. Pesawat itu tertembak jatuh ketika pasukan Suriah menembaki jet Israel, yang melancarkan serangan pada bulan lalu.

Pejabat Israel mengatakan sistem baru rudal itu bisa dikalahkan jet tempur siluman Israel dan kemungkinan bisa dihancurkan di darat.

Mereka juga telah menyatakan tekad untuk memperkuat upaya menghalangi pergerakan militer musuh Israel, Iran, di Suriah.

Sejak pesawat Rusia itu jatuh ditembak, belum ada laporan bahwa Israel melancarkan serangan di Suriah.

Penghentian serangan itu telah meningkatkan spekulasi di kalangan media Israel bahwa Israel sedang menahan diri atas permintaan Rusia atau karena khawatir serangan bisa membakar ketegangan dengan Moskow.

Rusia adalah pendukung militer utama pemerintah Suriah.

Netanyahu mengatakan ia telah berbicara melalui telepon dengan Putin “dan kami sepakat untuk segera bertemu guna melanjutkan koordinasi keamanan penting antara kedua angkatan bersenjata”.

“Israel akan terus melakukan tindakan untuk mencegah Iran menempatkan kubu militernya di Suriah dan mengalirkan persenjataan mematikan kepada Hizbullah di Lebanon,” katanya.

Hizbullah yang dimaksudnya adalah kelompok Muslim Syiah Lebanon, yang bersekutu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *