TNI AU Latihan Tempur Gabungan Bersama Singapura

TNI AU Latihan Tempur Gabungan Bersama Singapura

Militer.or.id – TNI AU Latihan Tempur Gabungan Bersama Singapura.

File:Indonesian F-16C Fighting Falcon during a functional check.jpg, commons wikipedia, org

Pekanbaru, Militer.or.id   –  TNI Angkatan Udara bersama dengan Republic of Singapore Air Force (RSAF) akan menggelar latihan militer bersama yang digelar di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dirilis Antara pada Selasa 8-10-2018.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka, pada Selasa 8-10-2018 di Pekanbaru, mengatakan sesuai jadwal, latihan militer gabungan tersebut akan berlangsung selama 2 bulan mendatang di langit Bumi Lancang Kuning.

“Selama dua bulan ke depan kita melaksanakan latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan penerbang dalam operasi pertempuran udara,” kata Ronny.

Latihan tempur gabungan yang menjadi agenda rutin tiap tahun dua negara bertetangga tersebut, ditandai dengan kedatangan 6 unit jet tempur F-16 milik RSAF. Enam jet temput buatan Negeri Paman Sam itu mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa siang ini.

Ronny menuturkan bahwa latihan gabungan itu akan dikemas dalam kegiatan Joint Fighter Weapon Course (JFWC) 2018. “Latihan ini untuk melatih penerbang tempur kedua angkatan udara dalam melakukan pertempuran di udara secara lebih profesional, sekaligus mempererat kerja sama kedua angkatan udara,” ujar Ronny.

Lebih jauh ia memaparkan, JFWC kali ini merupakan latihan yang ketiga kalinya digelar. Secara umum, menurutnya, latihan dibagi dalam dua kegiatan. Pertama adalah “ground school”, dan selanjunya latihan manuver.

Untuk “ground school” akan dilaksanakan selama 2 pekan, dan selanjutnya dilanjutkan dengan manuver lapangan yang digelar selama 3 bulan di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Dalam latihan tempur gabungan ini, Ronny menuturkan, TNI AU mengerahkan 3 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara III Lanud Iswahjudi Madiun dan Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Sementara RSAF mengerahkan 6 pesawat F-16 dari 140 SQ, 143 SQ dan 145 SQ.

“Nantinya dalam latihan bersama manuver 3 bulan kedua Angkatan Udara akan melaksanakan berbagai macam latihan. Mulai Basic Fighter Manuver (BFM), Air Combat Tactic (ACT), Surface Attack Tactic (SAT) hingga puncaknya adalah Large Force Employment (LFE) atau Mission Orientation Training (MOT),” kata Ronny.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan pangkalan militer tipe A satu-satunya di Pulau Sumatera. Pangkalan itu, kini diperkuat dengan dua skuadron tempur yakni Skuadron Udara 12 dan 16 yang masing-masing diperkuat dengan jet tempur Hawk 100/200 dan F16 Fighting Falcon.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *