Beijing Prihatin Atas Pengiriman 2 Kapal Perang AS ke Selat Taiwan – Militer.or.id

Beijing Prihatin Atas Pengiriman 2 Kapal Perang AS ke Selat Taiwan – Militer.or.id

Militer.or.id – Beijing Prihatin Atas Pengiriman 2 Kapal Perang AS ke Selat Taiwan – Militer.or.id.

dok. USS Curtis Wilbur (CG 54) (U.S. Navy photo by Photographer’s Mate 3rd Class Jason T. Poplin)

Jakartagreater.com – Pentagon menegaskan bahwa mereka telah mengirim dua kapal Angkatan Laut AS melalui Selat Taiwan, menjadikannya operasi kedua tahun ini, dirilis Selasa 23-10-2018, oleh Sputniknews.com.

Hua Chunying, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, telah menyatakan keprihatinan serius atas Angkatan Laut AS mengirim dua kapal perang melalui Selat Taiwan pada hari Senin 22-10-2018.

Kementerian Pertahanan Taiwan, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mengetahui operasi “rutin” dan bahwa tentara Taiwan “memiliki kemampuan untuk menjaga keamanan laut dan wilayah udara untuk memastikan perdamaian dan stabilitas regional.”

Juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning, pada gilirannya, menegaskan bahwa “di Selat Taiwan, sebelumnya hari ini, USS [kapal perusak peluru kendali] Curtis Wilbur dan USS [kapal penjelajah rudal] Antietam melakukan transit di selat Taiwan secara rutin sesuai dengan hukum internasional”.

Dia menggambarkan transit sebagai “komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” berjanji bahwa “Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar dan beroperasi di mana saja izin hukum internasional.

Merujuk pada AS yang mempertahankan “koordinasi dan kontak dengan negara, pihak berwenang, dan pihak-pihak yang tepat” ketika melakukan transit, dengan mengatakan bahwa “tentu saja bukan keinginan Departemen Pertahanan untuk meningkatkan ketegangan atau segala jenis eskalasi” melintasi Selat Taiwan.

Sebelumnya, Beijing menyatakan keprihatinan atas kehadiran kapal AS di pelabuhan Kaohsiung di Taiwan, mendesak Washington dan Taipei untuk mengakhiri semua kontak militer.

AS, bersama dengan banyak negara lain, tidak mengakui Taiwan sebagai negara yang berdaulat dan secara resmi menganut kebijakan “Satu Cina”. Namun, Washington telah mempertahankan hubungan informal dengan pemerintah de facto Taiwan meskipun memutuskan hubungan diplomatik dengan Taipei pada tahun 1979.

administrator
Menyebarkan berita berita <a><b>Militer Indonesia</b></a> dari media media mainstream Asia dan Indonesia. Mendambakan Kekuatan Militer Indonesia menjadi salah satu yang disegani kembali di kawasan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *